Arsip Tag: makanan

Alhamdulillah…

Per hari rabu siang, 22 Maret 2017, bunda sudah diperbolehkan untuk pulang.

Meskipun sebenarnya kalau dibilang sembuh, ya belum sembuh betul. Karena bunda masih merasa lemas. Tetapi intinya, progress pemulihan kondisi bunda sudah berjalan sangat positif. 

Hanya harus tetap dikontrol suplai asupan makanan dan waktu istirahat yang lebih dari cukup untuk membantu pemulihan kondisi bunda agar tuntas

Terimakasih atas support keluarga dan teman yang sudah mendoakan dan menyemangati keluarga kecil kami ini.

Hanya Alloh Ar Rahman Ar Rahim yang bisa membalas satu demi satu kebaikan yang kami terima.

Aamiin.

Iklan

cara mengatasi balita susah makan

ketika ara sedang batuk, makan pun jadi susah. apalagi kalau batuknya berupa batuk berdahak. bakal tambah susah. inginnya hanya ngemil, ngemil dan ngemil. minum susu pun seringnya ogah-ogahan. ada saja alasan untuk menolak setiap makan nasi atau susu yang diberikan. dari alasan mau main-lah… sampai akting dengan pura-pura batuk, malah akhirnya muntah betulan šŸ˜¦

karena inginnya cuma ngemil atau makan makanan yang ringan-ringan saja, maka istri mulai mencari cara agar ara mau makan nasi. Baca lebih lanjut

curhat… membentuk pola makan yang sehat

baru saja posting tentang hobi baru si kecil tentang online, eh… ane malah nemu artikel tentang proses pembentukan pola makan yang sehat buat si kecil.

setelah dibaca-dibaca dan direnungkan, apa iya…??? apa bener…??? bingung deh.

maksudnya, apa iya cara ane dan istri membentuk pola makan si kecil itu kurang bagus… kurang sesuai??? terus,Ā  cara ane dan istri untuk membujuk si kecil biar mau makan, apa bisa dikategorikan salah???

dari artikel yang ane baca itu (www.kompas.com edisi selasa, 4 agustus 2009), disebutkan kalau pola makan atau kebiasaan makan sesorang terbentuk dari kecil. dan itu sangat dipengaruhi oleh pola asuh dan contoh yang dilihat oleh si kecil. baik itu cara makan maupun apa yang akan dimakan, dalam artian kandungan gizi dan tingkat kebersihan makanan yang diberikan. Baca lebih lanjut

curhat… pemberian suplemen vitamin buat anak

sesuai postingan sebelumnya (baca disini), apakah suplemen itu penting buat si kecil atau tidak. karena banyak permasalahan berat badan yang kurang atau tinggi badan yang tidak sesuai, langsung di-judge keĀ pemberianĀ suplemen atau vitamin kepada anak sebagai solusi instantnya. padahal perlu dilihat lagi pokok permasalahannya. apa benar kurang gizi vitamin??? atau ayahbunda-nya yang tidak kurang bisa memahami karakter anak-nya??? atau memang ada bakat keturunan dari ayahbunda-nya sendiri šŸ™‚

nah… memang benar apabila tubuh kekurangan asupan vitamin, akan membuat metabolisme tubuh tidakĀ bekerja sebagaimana mestinya. bila hal ini terjadi kepada si kecil, kekurangan vitamin menyebabkan pertumbuhan mereka terganggu. Baca lebih lanjut

curhat… kok bisa tambah gemuk yah???

bingung… tiap kali ketemu sama tetangga, pasti ditanyain masalah anak.

secara, si kecil sekarang pertambahan berat badan-nya cukup drastis. sampai umur 12 bulan, berat badan-nya pasti berada di level bawah (mnurut KMS). eh begitu mulai umur 13 bulan, ujug-ujug… mak bedunduk… sekonyong-konyong… mbuh apa lagi…, berat badan si kecil bertambah dengan dahsyatnya. bentuk badan si kecil juga benar-benar berubah. yang tadinya kelihatan kurus, sekarang terlihat montok… semok… tembem. weleh-weleh!!! grafik KMS langsung diatas garis hijau (normal red.)

padahal dari segi minum, nggak banyak berubah. dari 90cc cuman nambah ke 120cc. frekuensinya juga nggak nambah. cuman 5-7 kali sehari.

dari segi makan, nggak ada perubahan. tetap nggak bisa makan makanan kasar. pasti bubur. porsi makan juga cuman 2-3 sendok makan orang dewasa, sehari 3 kali.

lah yang jadi pertanyaan… kok bisa yah??? Baca lebih lanjut

curhat… jangan anggap remeh kesemutan

tiap kali duduk bersila ato kaki ditekuk dalam waktu yang cukup lama, seringkali kaki ni jadi kesemutan. gak ngerti kenapa??? padahal kalo dibilang, olahraga cukup… istirahat cukup… makanan sehat… mmhhh kalo yang ni relatif yah šŸ™‚

eh… pas kemarin browsing, dapat informasi yang sangat membantu buat mengatasi kesemutan ini.

katanya sih, kesemutan dalam batas-batas tertentu dapat dinilai normal. nah, kesemutan ini bisa jadi nggak normal apabila lebih sering dan mudah muncul.Ā hal ini dapat disebabkan gangguan sistem saraf tepi kakiĀ en kurang derasnya aliran darah pembuluh rambut… yang sering diakibatkan karena kekurangan vitamin B1. Baca lebih lanjut

curhat… pemberian yoghurt ke balita

waktu bunda-nya makan yoghurt… si kecil tiba-tiba nemplok šŸ™‚ sambil merhatiin banget. “ni bunda maem apaan sih???”, mungkin itu yang si kecil pikir. gak pake lama… langsung aja bunda-nya kasih si kecil yoghurt… “adik mau…??? nih bunda suapin”.

nah… setelah ngasih sesendok kecil yoghurt ke si kecil, baru deh bunda-nya mikir… “eh boleh nggak sih si kecil dikasih yoghurt??? secara yoghurt itu kan turunan susu??? mungkin boleh kali yah???”. akhirnya nanya ke ane, yang akhirnya cuman angkat bahu. lha wong bener-bener nggak ngerti. wes… daripada binun, coba cari informasi. setelah baca sana baca sini, akhirnya nemu artikel yang ternyata sangat mendukung pemberian yoghurt ke balita. Baca lebih lanjut