Proses perpanjangan SIM secara online di Polres kota Bekasi

Berhubung SIM A menjelang habis masa berlakunya dan posisi domisili sudah pindah ke Bekasi, padahal KTP dan SIM masih tercatat di Bogor… Saya pun mencoba mencari informasi tentang permohonan perpanjang masa berlaku SIM secara online.

Dari informasi yang saya dapat, untuk beberapa Polres di berbagai kota di Indonesia sudah bisa melakukan perpanjangan masa berlaku SIM secara online.

Artinya, kalau KTP dan SIM anda masih tercatat dari kota asal, sedangkan domisili sekarang sudah di kota yang baru, anda bisa melakukan proses perpanjangan masa berlaku SIM di kota domisili sekarang.

Kebetulan, Polres kota Bekasi tercatat sebagai salah satu Polres yang bisa melayani permohonan secara online.

Singkat cerita, hari sabtu, 11 Maret 2017, pukul 0720, saya berangkat dari rumah menuju Polres kota Bekasi, di seputaran jalan Pramuka, untuk melakukan proses perpanjangan masa berlaku SIM A.

Dengan berbekal fotocopy KTP 3 lembar dan SIM A 3 lembar, sekitar 0750 saya memarkir motor di kawasan parkir yang ada di depan Polres kota Bekasi.

Saat memarkir motor, sudah banyak info-info yang saya dengar kalau proses perpanjangan SIM ini bisa “dibantu”. Berhubung saya ingin melakukannya secara sendiri tanpa “dibantu”, saya langsung menuju antrian tes kesehatan yang berada di depan Polres kota Bekasi, sebelah kiri (kalau kita menghadap ke Polres kota Bekasi). Di dinding gerbang Polres akan terlihat petunjuk arah untuk tes kesehatan.

Setelah menaruh fotokopi KTP di kotak antrian, saya pun ikut berbaur mengantri dengan pemohon lainnya. Loket pun dibuka pukul 0810, mulailah satu persatu pemohon dipanggil sesuai antriannya untuk melakukan tes kesehatan. Disini kita harus mempersiapkan uang Rp. 25.000 sebagai biaya tes kesehatannya dan juga 1 fotokopi  KTP lagi.

Sekitar 45 menit, atau menjelang pukul 0900, saya dipanggil dan melakukan tes kesehatan.

Alur berikutnya adalah melakukan proses pembayaran ke Bank BRI, yang loketnya ada di dekat area pendaftaran SIM di belakang Polres kota Bekasi.

Untuk menuju ke area pendaftaran SIM, kita harus berjalan melalui jalan kecil antara gedung Polres dan Pengadilan kota Bekasi.

Sesampainya di loket, kita diwajibkan untuk membayar biaya perpanjangan SIM. Untuk SIM A sebesar Rp. 80.000 dan untuk SIM C sebesar Rp. 75.000.

Uang Rp. 80.000 pun sudah terbayarkan, saya mendapat slip setoran sebagai bukti pembayaran biaya permohonan perpanjangan SIM.

Setelah proses pembayaran di loket BRI, kita akan diarahkan untuk membayar Asuransi sebesar Rp. 30.000, dimana asuransi ini adalah himbauan. Saya pun memilih untuk tidak membayar asuransi.

Selesai keperluan di loket BRI, saya langsung menuju ke area pendaftaran SIM yang terletak bersebelahan dengan loket BRI.

Untuk proses perpanjangan secara online, kita akan diarahkan ke bagian ujung dari ruangan pendaftaran SIM.

Proses pendaftaran langsung dilayani oleh petugas.

Kita akan diminta menunjukkan berkas tes kesehatan, slip setoran pembayaran dan SIM lama.

Semua berkas itu akan dijadikan satu dengan lembar pendaftaran, yang harus kita isi lengkap.

Dan… Setelah lembar pendaftaran diserahkan kembali, yang kemudian kita lakukan adalah menunggu. Yup… Menunggu saudara-saudara.

Di area pendaftaran itu sudah tersedia kursi yang berderet dan AC portable yang cukup membantu kita yang setia menunggu panggilan.

Saya pun menunggu dari pukul 0920 sampai pukul 0950, untuk dipanggil dan melakukan proses pendaftaran ulang dan foto SIM.

Setelah itu, kita juga harus menunggu lagi untuk menerima kartu SIM yang sudah dicetak. Yah, kira-kira 10 menit lagi untuk memperoleh SIM yang sudah dicetak.

Alhamdulillah… Saya pun tersenyum setelah menerima SIM A saya yang baru. Sangat membantu lah untuk proses perpanjangan secara online ini. Dibandingkan kita harus menuju ke kota asal kita, hanya untuk melakukan proses perpanjangan SIM.

Total biaya yang harus saya keluarkan hari ini untuk proses perpanjangan SIM adalah Rp. 25.000 + Rp. 80.000 + Rp. 5.000 (Rp.2.000 dan Rp. 3.000, saya sempat 2x parkir) = Rp. 110.000

Dan waktu yang saya perlukan untuk melakukan proses perpanjangan SIM ini dimulai dari pukul 07.50 sampai 10.05. Tidak terlalu lama, mengingat memang antrian di hari sabtu sangatlah panjang.

2 thoughts on “Proses perpanjangan SIM secara online di Polres kota Bekasi

  1. fandi Penulis Tulisan

    Mohon maaf. Setahu saya… Online disini pengertiannya bukan seperti kita belanja online ya gan.
    Jadi semua transaksi pembayaran proses perpanjangan SIM ini tetap harus dilakukan di loket yang sudah disediakan di sana.

    Online disini maksudnya adalah proses upload/update database pemohon ke database polisi melalui polres manapun yang sudah ditunjuk.
    Biasanya, proses upload/update database ini harus dilakukan di polres asal.

Tinggalkan Balasan

