Repaint Sepeda Federal Street Cat

Melanjutkan lagi tulisan sebelumnya…

Proses restorasi sepeda ini pun saya mulai dengan melakukan repaint frame, sesuai warna asli nya.

Dari hasil browsing, akhirnya ada penampakan brosur sepeda Federal jaman baheula, yang cukup lengkap.

Picture di atas sengaja saya crop di bagian Street Cat saja… Agar lebih menunjukkan keinginan saya untuk merestorasi sepeda ini.

Beberapa hari setelah memantabkan pilihan untuk repaint… Dengan “menculik” rekan yang juga enthusiast federal, dibawa lah saya ke salah seorang builder sepeda dikawasan Dukuh Zamrud.

Sesampai di sana, langsung dicheck sama om builder-nya. Cukup kagum beliau melihat hampir semua komponen masih orisinal.

Tapi begitu dicheck area frame bawah dekat BB, bingung juga kok gak ada ketrikan nomor seri nya. Sudah dicheck di area lain, juga ndak ditemukan ketrikan nomor serinya. Apa gara-gara akibat repaint sebelumnya, yang prosesnya saya sendiri juga ndak tahu. Begitupun ketika telepon ke bapak… Beliau juga ndak ingat proses repaint-nya seperti apa. Lah wong tinggal tahu beres juga saat itu.

Tapi kalau melihat ciri lainnya, dipastikan sama om builder-nya, ini adalah federal asli, utamanya setelah melihat bentuk frame di belakang seat post dan lengkungan fork depan.

Setelah disepakati harga repaint, per hari itu Federal pun berpindah tempat untuk bersolek, berubah menjadi seperti kondisi awal saat berjumpa dulu.
Berhari-hari dilalui dengan perasaan was-was. Dan… Puncaknya menjelang hari ke 14, saya dikontak oleh om builder-nya bahwa sepeda sudah selesai repaint, setelahnya harus di rakit ulang semua komponennya.

Foto hasil repaint pun dikirim via WA… Tarararaaaaa… Ternyata layout pewarnaan berbeda dengan kesepakatan awal.

Hadaaah. Sedikit kekecewaan ditambah jengkel sempat memenuhi pikiran. Kok bisa… Padahal berbagai contoh gambar sudah saya kirim sesaat sebelum proses removal paint sebelumnya selesai.

Tapi yah… Namanya manusia adalah gudangnya salah dan khilaf. Setelah berdiskusi lagi, akhirnya disepakati untuk dilakukan penambahan proses cat ulang di area belakang frame. Sehingga didapat komposisi pewarnaan yang sesuai dengan keinginan saya.

Ndak sampai 2 hari, saya pun mendapat pesan via WA. Dan… Tarraaaaaaa

Wow… 90% kondisi sepeda Federal ini mulai terlihat. Benar-benar flash back ke akhir tahun 1980-an.

Dan inilah foto sesudah dipasang decal dan saya pakai untuk pertama kalinya saat merasakan sensasi mengendarai sepeda Federal Street Cat.

PR berikutnya… Merestorasi komponen lain, semisal mata kucing dan komponen kecil lainnya. Tak lupa juga untuk menambah rak depan dan belakang serta fender roda. Agar saat dipakai gowes B2W, tidak ragu-ragu terlebih dalam kondisi setelah hujan 😁😁

Tinggalkan Balasan

