Sepenggal kisah di Asaka – Jepang #3

​Lanjutan tulisan sebelumnya.

Dan ternyata benar saudara-saudara. Busana atau outfit boleh keren ketika berangkat kerja. Pakai jas lengkap dengan dasinya. Sepatu mengkilat. Tas kulit didekapan tangan (tapi saat bersepeda, ya ditaruh keranjang depan).

Itu saya buktikan sendiri ketika melihat di kantor yang saya tuju. Pakai kemeja rapi, sepatu kulit… dan begitu sampai lobby, langsung absen dan menuju ke loker. Untuk apa… ya untuk ganti baju kerja.🙂

Lanjuttt….

Nah, ketika introduction team project beserta tugasnya, dimana yang presentasi adalah project leader dari jepang, busana nya memang standar perusahaan, tapi… mata ini memandang ke kepala nya.

Rambut gondrong… dan topi dibalik. Wuih… keren. Terlihat dia nyaman saja seperti itu dan rekan orang jepang yang lain juga tidak peduli. Yang penting adalah isi di dalam topi itu daripada penggunaan topi itu sendiri.

Dan, begitu project leadernya ini ngomong, yang lain mendengarkan tanpa ada kasak kusuk. Hening dan fokus ke satu orang tadi. Kondisi agak berbeda kalau boleh kita bandingkan dengan kondisi di lingkungan sekitar kita sendiri.

Yang sibuk mainan hape lah, sibuk ngemil lah bahkan sampai sibuk nguap karena ngantuk berat.🙂

Budaya mendengarkan dan menghargai orang lain saat bicara inilah yang menambah wawasan saya. Betapa senangnya kita kalau lawan bicara kita mendengarkan.

Begitu pula sebaliknya. Akan sangat senang lawan bicara kita, kalau kita fokus dan mendengarkan dengan sungguh-sungguh.

Yakin lah, dengan kondisi seperti itu, komunikasi akan berjalan dengan baik. Miskomunikasi bisa diminimalkan. Debat kusir bisa dihindarkan. Dan diskusi bisa menghasilkan suatu keputusan atau kesepahaman yang sama baiknya buat semua.

Setuju ora son??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s