Tambal ban tubeless dengan metode TIP TOP

Uploading…

Yup… Sesuai janji di postingan sebelumnya  (link terlampir), saya akan menceritakan proses penambalan ban belakang RAT yang bocor di sisi samping luar.
Waktu itu, di tanggal 10 Juli 2016, setelah saya dan keluarga bersenang-senang dan berpuas-puas diri di Sun City Madiun, akhirnya misi untuk mencari tambal ban tubeless sepanjang perjalanan pulang di mulai.

Setelah mencapai daerah Maospati, Magetan… Akhirnya terlihat bengkel tambal ban tubeless yang sangat reprenstatif meski hanya tambal ban pinggir jalan.

Terlihat beberapa ban baru yang tertata rapi di rak bengkel kecilnya. Selain itu, ada beberapa alat yang cukup canggih, yang setahu saya hanya ada di bengkel ban yang relatif besar.

Ada alat untuk membuka ban secara otomatis, yang bisa diset untuk berbagai ukuran velg. Selain itu ada mesin pengisi nitrogen yang mirip di SPBU, tetapi dengan ukuran yang lebih besar. Mantabslah!!!

Begitu berhenti di depan bengkelnya, si empunya keluar dengan pakaian kebesarannya. Celana pendek, kaos oblong dan sebatang rokok yang nyelip di daun telinga.

Singkat kata, setelah diperiksa dan ditelaah secara mendalam, beliau hanya berkata, “Iki nek tak tembel model biasa, gak bakalan awet mas. Lah wong posisi ne neng pinggir ngene. Dicoba ae piye mas. Tak tambal, trus awake dewe check bareng. Piye?”

“Woke pak. Sampeyan coba ae. Tris saran teko sampeyan ngko yo monggo ae digawe. Sing penting beres urusan ban iki.”

Nah… Benar kan info yang saya posting sebelumnya.

Setelah mencoba beberapa kali, saya melihat dengan mata kepala sendiri, bagaimana karet tambalan itu, melalui gelembung dari air sabun yang semakin banyak, terdorong sedikit demi sedikit.

“Wah… Iki kudu ditambal gawe TIP TOP mas. Percuma nek tambalan biasa ngene iki.”

“Opo meneh iki pak? TIP TOP? Lah kok koyok toserba neng jakarta ae pak.”

“Wes, sampeyan kari ndelok beres ae mas. Biaya e sekitar Rp. 50.000 yo. Trus, proses e minimal 20 menit mas. Wes… Tak jamin gak bakal kambuh bocor e. Piye… Gelem opo ora?”

“Sikat ae pak. Aku ngerti beres ae. Sing penting mobil gak tak pateni mesin e yo. Anak bojoku ben neng njero. Podho turu e.”

Dan disambutlah dengan acungan jempolnya dan senyuman tipis mengembang di wajahnya. Rejeki mana boleh ditolak.

Monggo dilihat dari image yang saya sertakan.

Uploading…
Jadi… Intinya, metode ini adalah proses penambalan dari dalam ban tubeless.
Untuk proses penambalan pun relatif cepat. Hanya proses menunggu lem kering yang memakan waktu sekitar 15-20 menit. Yang lain, dari lepas velg dari mobil… Dari lepas ban dari velg nya… Dari pemasangan ban ke velg nya lagi… Dari pengisian nitrogen ulang… 

Dan dari pemasangan velg ke mobil. Total waktu hanya perlu 30 menit saja.

Sampai sekarang, alhamdulillah tidak ada keluhan sama sekali. Mantab deh pokok nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s