Service pertama Daihatsu Terios R AT Adventure 1000km dan Permasalahan Air Bag Indicator

Hari ini, Selasa 29 September 2015, dengan terpaksa saya menuju ke BeRes Astra Daihatsu Narogong untuk melakukan pengecheckan si RAT (Terios R AT Adventure).
Ceritanya sih, saat saya bawa ke kantor, ditengah perjalanan, tiba-tiba indikator air bag nyala.

image

Tapi, yang membuat saya bingung, ketika sampai parkir kantor, mobil saya matikan dan kemudian saya starter lagi… Indikator air bag sudah tidak nyala.

image

Jujur saja, saya masih kuatir kalau sampai terjadi apa-apa. Kan gak lucu juga, kalau tiba-tiba air bag nya mengembang saat saya berkendara.
Akhirnya, langsung saya kontak Sales mobilnya (karena punya kontaknya hanya itu), dan disarankan untuk dibawa ke BeRes dan juga langsung disambungkan dengan Service Advisor (SA).
Setelah saya jelaskan ke SA, beliau menyarankan untuk dilakukan pengecheckan menyeluruh pertama alias service 1000km. Lah… Kan oddometer baru menunjukkan 378km, mosok jatah service 1000km digunakan? Tapi setelah saya pikir-pikir, yo wes lah. Ndak apa-apa. Biar sekalian dicheck menyeluruh. Kuatir nantinya akan merembet ke elektrikal lainnya.

image

Akhirnya si RAT pun saya bawa ke BeRes dan langsung diservice serta dicheck kondisinya pada pukul 1315.
Setelah menunggu 1,5 jam, akhirnya saya yang lagi santai di ruang tunggu sambil menikmati hidangan dari kantin, ditelpon oleh SA, yang menginformasikan mobil sudah selesai di service dan sudah dicheck keseluruhan. Test drive setelah service pun sudah dilakukan dengan menempuh jarak 5km.

“Sudah dicheck semua pak… Dan sementara ini memang tidak ditemukan masalah.”

“Sama sekali gak ketemu masalahnya pak?”

“Iya pak. Sudah didiagnosa secara elektrikalnya… Semuanya aman. ECU juga sudah direset, untuk memastikan settingan kembali ke standar.”

“Oh… Ok.”

Kemudian SA pun menjelaskan berbagai kemungkinan yang terjadi, yaitu secara permanen ataupun secara sporadis.
Dimana kalau permanen, indikator akan menyala terus menerus
Dan sporadis berarti, akan menyala kedip-kedip dan mati… Kemudian kedip-kedip lagi.
Saking gak ngertinya saya… Saya pun manggut-manggut sambil bilang… “Wah, ilmu saya gak sampai pak. Saya tahu beres aja deh pak.”

SA pun hanya tersenyum dan bilang….
“Pastinya, mobil bapak sekarang sudah dilakukan pengecheckan dan tidak ditemukan masalah. Tetapi tidak menutup kemungkinan di kemudian hari akan muncul masalah yang sama. Mohon kerjasama dari bapak untuk kontrol terhadap performance dan kualitas mobil ini.”

Saya pun tersenyum dan mengucapkan terimakasih atas pelayanannya.

Tinggalkan Balasan

