Pendidikan politik untuk anak?

Long weekend kemarin, saya dikejutkan oleh pertanyaan anak tetangga, kepada ara, anak saya. “Aku **************** (nama partai politik). Kamu apa ara?”
Sontak saya dan istri yang mendengar pertanyaan itupun kaget. Loh, ini anak masih umur 6 tahun sudah direcoki omongan perihal politik?
Anak saya yang ditanya pun hanya bengong. “Emangnya ****************** itu apa?”
Istri pun ikut nimbrung dan bertanya, “Kakak kok bicara begitu, memangnya tahu partai politik?”
Jawaban si kakak ini yang mengejutkan. “Iya tante, kan kakak sering diajak papa mama ikut kampanye.”
Okelah, sekarang memang lagi marak kegiatan kampanye atau apalah. Tapi pikiran anak yang masih murni ini, apakah pantas untuk dijejali pemahaman seperti ini. Kalau untuk pemahaman agama, saya sangat sepakat. Tapi kalau hanya untuk pemahaman tentang dunia politik, tanda tanya besar buat saya.

Terlepas orangtuanya adalah pengurus partai atau petinggu partai, tapi kalau hanya sebatas partisipan… Kok sayang ya?!
Lah wong saya saja, meski sudah berkeluarga seperti ini, urusan dunia politik ndak paham-paham. Eh malah tetangga saya mengajak anak-anaknya ikut kampanye?!

Ini yang ndak bener orangtua si kakak itu atau keluarga saya ya? Bukannya ada himbauan untuk tidak membawa anak dalam kegiatan kampanye partai?
Tapi mungkin yang ndak bener memang keluarga saya, yang ndak paham urusan seperti ini. Yang memang ndak mau paham urusan politik seperti ini. Dapat kartu suara buat contrengan pemilu saja sudah senang kok. Yah… Sebagai warga negara yang baik, saya dan istri pasti akan datang saat tanggal 9 april 2014 nanti. Urusan memilih…. Ya dikembalikan sesuai pilihan masing-masing🙂

Tinggalkan Balasan

