Persaingan sektor smartphones bakal memanas, siapa tersingkir?

Dunia smartphones dan OS mobile memanas. Sekarang, pemilik OS mobile terlaris di dunia sudah punya divisi hardware masing-masing.  Siapa tidak kenal Apple dengan iPhone yang dipersenjatai dengan iOS. Siapa menyangsikan kekuatan Google dengan Android, yang sekarang menukangi Motorola. Jangan lupakan raksasa software Microsoft dengan Windows Phone, yang sekarang memiliki Nokia.

Monggo dicermati. 3 perusahaan besar itu adalah pembuat OS mobile yang sekarang sedang mendominasi dunia smartphones.  Nah kalau nantinya Microsoft dan Google akan meng-eksklusifkan divisi hardware (baca: produk smartphones) miliknya alias OS besutannya hanya dipakai di smartphones-nya, seperti Apple… Saya kok optimis malah akan menambah semarak dunia smartphones.

Lihat saja Canonical dengan Ubuntu Touch-nya, Jolla dengan Sailfish, HTC dan Xiaomi dengan OS barunya. Belum lagi Cyanogen dengan optimisasi OS-nya dan HTC dengan (rencana) OS barunya. Top markotob!! Melihat background komunitas masing-masing, yang terbukti sangat kuat, maka OS baru pun diyakini akan cepat bermunculan.

Bicara komunitas, jangan dilihat hanya dari jumlah orangnya, tetapi dilihat dari antusiasnya. Benar-benar mendukung jikalau pihak-pihak tersebut akan me-release OS besutannya. Tapi yang pasti, seleksi alam akan berlaku, siapa yang kuat, maka dia yang bertahan. Tapi jangan dilupakan, seleksi alam pulalah yang akan membuat kita semua berubah (bukan evolusi loh…), berubah menjadi kreatif dan inovatif, kalau. Dimana hal ini sudah terlihat di dunia nyata sekarang ini. Coba tengok kasus Nokia dan BlackBerry. Remuk redam menahan kreativitas dan inovasi dari Apple dan Google.

Well, ini hanyalah opini dari pribadi yang memang hanya suka membaca berita yang tersedia di media online. Tidak ada maksud apa-apa, hanya berusaha untuk menulis sekelumit pendapat yang ingin dikemukakan.

ditulis dengan Nokia C7-00 OS Symbian Belle Refresh dan diedit dengan HP Z820 Workstation.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s