service AC mobil

tanggal 30 maret 2013, ketika kami sekeluarga pulang ke bogor setelah bersilaturahim di daerah bukit golf cibubur, tanpa terasa AC mobil mulai berkurang dinginnya. dan puncaknya, ketika sudah masuk ke jalan transyogi cibubur. kondisi macet membuat saya semakin membesarkan bukaan blower AC… tapi kok rasanya masih sama. bahkan ketika kaca mobil di buka, malah lebih nyaman dan lebih segar udaranya dibandingkan menggunakan AC. langsung berpikiran kalau freon AC-nya bocor. dan, selama perjalanan di tol, dengan terpaksa, kaca jendela mobil dibuka, meski kondisi macet.

nah, begitu sampai rumah… setelah istri dan anak-anak turun dan istirahat… saya mencoba menyalakan mesin mobil dan menghidupkan AC. ternyata terdengar halus saat pertama kali memutar kenop AC ke posisi ON. normal-normal saja pikir saya… tapi kok cuma angin yang keluar ya. tidak ada sama sekali hawa dingin yang keluar. ah paling freonnya habis, pikir saya.

yo wes… daripada ada apa-apa, mesin saya matikan dan langsung mencoba browsing untuk mencari bengkel AC yang direkomendasi di daerah bogor.

dari berbagai referensi… akhirnya saya memilih hadi AC di daerah jalan sholeh iskandar. kenapa…? pertimbangan pertama, karena jarak yang cukup dekat dengan rumah saya. pertimbangan kedua, setelah saya survei… banyak mobil yang sedang di servis di bengkel AC tersebut. meski hanya dua pertimbangan, menurut saya itu sudah mewakili kebutuhan akan kriteria yang saya inginkan dari bengkel ini. langsung coba kontak ke nomor telepon yang tertera di alamat web-nya, dan mulai berkeluh kesah meminta pertimbangan.

mendengar cerita saya, pihak bengkel hanya meminta untuk menghidupkan mesin dan menyalakan AC, kemudian memastikan ada bunyi “jeglek” (agak kencang bunyinya seandainya AC mobil dalam kondisi normal). kalau tidak ada, berarti magnetic clutch sudah aus dan waktunya untuk diganti. dan memang, ketika saya coba lagi, tidak ada bunyi seperti itu.

nah… singkat cerita, setelah berdiskusi dan bercerita ke istri perihal kemungkinan kerusakan serta estimasi waktu perbaikan… saya sekeluraga berangkat ke bengkel, tetapi istri dan anak saya drop di GIANT taman yasmin untuk bermain dan belanja. sedang saya langsung kembali ke bengkel.

sampai di bengkel sekitar jam 0930, oleh empunya bengkel, pak hadi, langsung dicheck kembali untuk memastikan kalau memang magnetic clucth yang bermasalah. dan ternyata, setelah mesin dan AC mobil dinyalakan… memang tidak terdengar bunyi “jeglek” tersebut. pak hadi pun langsung meminta untuk mesin dimatikan… dan menyatakan kalau magnetic clutch harus diganti. dan setelah dibongkar, memang terlihat kumparan di magnetic clutch itu sudah mulai meleleh… yang menunjukkan waktunya di ganti. setelah dicheck komponen lain, alhamdulillah tidak ada masalah berarti. hanya kotor dan perlu dibersihkan saja.

selain magnetic clutch, pengecheckan juga dilakukan untuk kondisi freon dan pipa-pipanya, serta evaporator yang tersembunyi di balik dashboard. untuk freon, kondisi masih normal dan tidak ada kebocoran. tekanannya pun masih bagus. tetapi untuk evaporator, harus dibersihkan, karena sedemikian kotor dan dikuatirkan menjadi penyebab kurang segarnya hembusan AC. so… evaporator harus dibersihkan, dengan syarat freon juga harus diganti๐Ÿ˜ฆ karena membongkar evaporator, berarti sama saja dengan menguras (membuang) freon.

yo weslah… setelah disepakati item perbaikan, servis yang dilakukan dan lama perbaikan serta tak lupa… total biayanya… saya pun berencana pulang untuk mengambil motor, dan kemudian menjemput istri dan anak. eh… malah oleh pak hadi saya diminta membawa mobilnya untuk digunakan menjemput istri dan anak yang ada di GIANT. wah… dengan senang hati, saya iyakan dan langsung meluncur menuju GIANT.

istri pun bengong melihat saya membawa mobil lain, karena pemikiran istri, paling mobil sudah selesai… lah wong hanya menambah freon. sembari pulang, saya pun bercerita perihal kondisi mobil dan apa-apa yang perlu diperbaiki. soal estimasi biaya pun… mau bagaimana lagi… mau ndak mau kudu setuju๐Ÿ™‚

nah… selesai urusan dengan istri dan anak… langsung balik ke bengkel. waktu itu menunjukkan jam 1300… ternyata mobil sudah selesai diperbaiki dan siap untuk digunakan kembali. saya malah jadi ndak enak hati, karena ada dua mobil selain mobil saya, malah baru dikerjakan. padahal ketika saya datang, ada 3 mobil yang sedang menunggu perbaikan.

waduh… terima kasih banyak pak!!! dan yang jelas… dari pelayanan dan kualitas hasil pengerjaan… saya hanya bisa memberikan testimoni TWO THUMBS UP! GOOD JOB!!!

buktinya, alhamdulillah, sampai sekarang AC mobil juga berasa lebih dingin… dan tidak bermasalah seperti sebelumnya.

9 thoughts on “service AC mobil

  1. Alhamdulillah dapet blog ini dr hasil gugling rekomendasi service ac bogor. Makasih mas udh nulis blognya, makasih pak hadi yg dgn sigapnya beresin AC mobil saya yg rusak pdhl harus segera pulang bandung hari itu juga. Puji dan syukur ke hadirat Alloh SWT yg sudah menunjukkan jalan dan kemudahan memperbaiki AC melalui blog ini dan pak hadi ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป

Tinggalkan Balasan

