flashing CFW belle refresh 111.040.1511 rm-675…

sepanjang hari minggu kemarin, saya mempersiapkan diri untuk flashing CFW belle refresh untuk nokia C7 rm-675, yang sudah saya download di hari-hari sebelumnya. berbagai CFW sudah saya download dan saya pilah-pilah, keunggulan serta kekurangannya… dan pastinya kegunaannya untuk saya pribadi. memang, saya hanya bisa memilah-milah berdasarkan tulisan yang menyertai masing-masing CFW, tetapi hal itu cukup bagi saya untuk mengetahui keutamaan dari masing-masing CFW.

kendala yang saya hadapi dalam proses flashing ini, bukanlah di software flashing dan “ramuan”nya alias CFW itu sendiri… tetapi malah lebih ke notebook yang saya miliki, maklum notebook tua🙂

FYI proses flashing dengan phoenix ini ada 2 macam, yaitu dengan handphone kondisi hidup dan handphone kondisi mati (dead phone USB flashing).

untuk plan A, karena saya mendownload CFW dari sini, tutorial pun saya ambil dari situs tersebut, yang kebetulan menggunakan opsi dead phone USB flashing.

nah… kejadian yang saya alami, setelah saya tekan refurbish, proses flashing berjalan tanpa halangan. kemudian muncul window phoenix dengan isinya perintah untuk cabut kabel USB > cabut baterai > pasang kabel USB > pasang baterai > tekan tombol power > tekan OK (di window phoenix).

proses pun berjalan kembali. nah… disinilah mulai muncul masalah. setelah selesai tekan OK, tidak seberapa lama  muncul error message dan muncul window bertuliskan cabut kabel USB > cabut baterai > pasang baterai > pasang kabel USB > tekan RETRY ( di window phoenix).

kemudian… proses flashing diulang dari awal… dan sampai akhirnya muncul error message dan diminta retry lagi. begitu terus akhirnya sampai notebook saya berulah… tiba-tiba mati!!! langsung terlintas di pikiran, kalau ini bakalan nge-brick, lah wong lagi jalan proses flashing. bakal kacau ini urusan #hadeuh. setelah menenangkan diri, coba handphone dihidupkan… dan voila!!! ternyata sukses nyala tanpa ada indikasi brick ataupun looping. alhamdulillah.

nah… berhubung pusing dan gatal-gatal sudah menyerang pikiran, tidak ada jalan lain kecuali nekat!

karena proses flashing dengan dead phone USB gagal, saya beralih ke plan B, dengan menggunakan tutorial dari sini. kalau boleh saya rangkum sesuai proses yang saya lakukan, maka tutorial menjadi seperti ini…

  1. pasang kabel USB > pilih connection sesuai dengan port USB yang digunakan > pilih file > pilih scan product
  2. pilih flashing > pilih firmware update
  3. muncul window firmware update > tekan … > pilih firmware yang digunakan > tekan OK
  4. tekan options > hapus file yang berwarna merah
  5. tekan OK > biarkan opsi dead phone USB flashing uncheck
  6. tekan SW reset > berdoa dengan khusyuk > sambil minum kopi atau makan kacang
  7. ikuti perintah selanjutnya > nyalakan handphone
  8. voilaaa!!! > handphone siap digunakan
  9. personalisasi versi diviarsa.wordpress.com > factory reset (untuk mengkosongkan drive E) > install aplikasi yang dibutuhkan > my C7 is ready to rock!!!

berikut screenshot tampilan CFW by @Attack versi diviarsa.wordpress.com

 Screen2 Screen3 Screen1 

sebenarnya ada sedikit “gangguan”. wallpaper yang saya pilih menjadi centered, tidak bisa fill atau strecth. tapi it’s ok, no big deal for me. tetapi kedepannya, muncul lagi gatal-gatal di pikiran… kenapa harus menggunakan CFW hasil karya orang lain ya… so next target is… MY OWN CFW🙂🙂

Tinggalkan Balasan

