ganti driven face assy…

di usia menjelang 5 tahun, vario merah saya, sudah mengalami pergantian beberapa komponen. ada komponen yang diganti karena sudah waktunya alias sesuai dengan aturan yang tertulis di buku pedoman perawatan dan service. ada juga komponen yang diganti karena memang rusak atau membuat kondisi motor menjadi kurang nyaman.

seperti halnya hari minggu kemarin. akhirnya setelah menunggu sekitar 10 hari kerja, order komponen saya, datang di bengkel resmi (beres) langganan di jalan sholis bogor. komponen yang saya order, mempunyai part number 23200-KVB-900 dengan nama komponen driven face assy.

driven assy

memangnya kenapa masbro… kok harus diganti? memangnya tahu kalau rusak dari mana? kan belt dan roller weight sudah diganti. apalagi yang rusak?

sedikit klarifikasi yah… belt dan roller weight memang sudah saya ganti. tetapi bukan karena rusak. tetapi memang karena waktunya di ganti dikarenakan persyaratan jumlah kilometer pemakaian yang sudah terlewati, yaitu di angka 24000km.

sedangkan gejala kerusakan yang saya rasakan adalah kondisi motor berhenti, begitu putaran gas mulai naik dan kondisi RPM masih rendah… akan terasa gejala getar dari arah roda belakang. bagitu juga kalau kita sedang melalui jalan tanjakan, ketika RPM mesin rendah, maka akan muncul gejala getaran dari roda belakang. jadi, permasalahan getar ini akan muncul kalau kondisi RPM mesin di angka rendah. setelah RPM tinggi, gejala getar tidak muncul lagi tetapi berganti dengan perasaan goyang atau oblak dari roda belakang. jadi ketika saya berbelok, bagian belakang motor serasa ingin terlempar keluar.

awalnya saya hanya berpikir kalau permasalahan ada di ban belakang atau di velg belakang. berhubung ban memang aus, maka saya ganti dengan yang tubeless sekalian. demikian juga dengan velg. karena velg bawaan berupa velg CW, maka saya sampai berpikir kalau velg ini sudah oblak atau peyang. so… waktunya di check. dan kalau memang peyang akan di press. dan setelah saya lakukan pembuktian dari hipotesa ini, dan sudah dinyatakan OK, ternyata kondisi getar dan goyang kadang masih muncul ketika RPM rendah.

setelah berulang kali di lakukan pengecheckan, ternyata bearing batang (sebut saja demikian) sudah kalah dan harus diganti. nah, permasalahan lain muncul ketika pergantian bearing ini ternyata harus satu set. tidak bisa terpisah di pergantian bearing. ini yang membuat saya rada pusing, karena harganya menyentuh rp.215ooo🙂

setelah berdiskusi kecil dengan mekanik… dia hanya bertanya, “memangnya kalau lagi jalan, aa’ sering ngehajar lubang di jalanan ya? atau polisi tidur gitu disikat aja?”. “wah… gimana bisa tahu bos… kondisi hujan-hujan begini?! yah, daripada ragu-ragu… mending tancap saja. yang penting handle/stang harus dikuasai penuh sembari konsentrasi biar tetap seimbang kalau memang pas ada lubang.” balas saya.

“ya… itu yang bikin bearingnya rusak. dan juga karena sudah di setting kayak gitu aa’. bearingnya harus kalah dibandingkan velg-nya. lah daripada bearing bagus… tapi aa’ harus ganti velg??? pilih mana coba???”. sahut si mekanik. saya sih cuma mengangguk-angguk tanda sepakat.

setelah menunggu 10 hari kerja, ada informasi dari pihak beres kalau order komponen sudah datang. so… langsung minta reservasi/booking service khusus member. dan proses pergantian pun langsung dilakukan sesaat saya sampai di beres tersebut. tidak sampai 40menit, proses pergantian pun selesai dilaksanakan, dengan biaya total mencapai rp.245000, termasuk ongkos pasang.

 2013-01-19-056_12013-01-19-055_1

dan… alhamdulillah. sekarang motor menjadi lebih nyaman dan perasaan saya menjadi lebih tenang ketika berkendara. mata pun menjadi lebih awas lagi melihat kondisi jalan. mana lubang… mana yang hanya genangan air yang muncul di jalan raya.

 

2 thoughts on “ganti driven face assy…

  1. bisa diganti lahernya aja kok bos saya kemarin ganti punya vario tekno saya bos yang saya ganti Bearing Needle 20x29x18 Part Number 91001-KCW-003/91109-KVY-901 Rp 25 ribuan
    sekalian ganti part Bearing Radial Ball 6902U Part Number 91002-GA7-701/91002-GA7-702 Rp 20 Ribuan Total 45 Ribuan hanya saja bukanya susah untuk bearing radial ball nya karena ada Circlip nya biasanya dibilang Ring Spi…kebetulan ane bengkel jadi buka aja sendiri gan

  2. mohon izin menambah cerita ,saya juga punya vario yg sdh dipakai 4 tahun dan sudah pernah ganti roller + VBelt pada KM 30.000.Terakhir ini kalau saya mendorong motor saya ada suara agak kasar.Setelah CVT dibongkar ,ternyata 2 bh bearing yg ada di driven face rusak.Langsung saya ganti bearingnya saja dan hasilnya sangat mamuaskan.
    Bagi teman2 perlu bantuan bisa hub saya 03131297788 atau email saya.terima kasih.

Tinggalkan Balasan

