akhirnya… ganti belt drive dan roller weight untuk vario

setelah didera kesibukan di tiap weekendnya, akhirnya minggu pagi kemarin, saya bisa membawa matic merah ini ke ahass langganan di jalan baru sholeh iskandar, bogor. agenda service kali ini, ketika km menunjukkan 26701, selain tune up dan ganti olie, adalah melakukan penggantian belt drive dan roller, yang memang sudah saya persiapkan dari beberapa minggu sebelumnya. sampai di ahass, sekitar 0833 wib, saya mendaftar dan akhirnya terdaftar sebagai konsumen no 19… dan kudu rela untuk menunggu giliran pukul 1030. lama banget sih… tapi ya wajar karena memang antrian di BERES yang satu ini memang full setiap weekendnya.

sebenarnya, sebagai member di beres tersebut, ada kebijakan perihal jam antrian alias diperbolehkan untuk melakukan booking di jam tertentu dan langsung di tempatkan di line service khusus booking. tapi… kebetulan saya mempunyai kesenggangan waktu, maka fasilitas ini pun tidak saya pakai. lagian, lebih enak antri menunggu giliran service sembari mengobrol dengan sesama pengantri di BERES tersebut🙂

nah… singkat cerita, ketika jam menunjukkan pukul 1025, giliran vario merah ini naik ke meja operasi. setelah cas cis cus dengan kepala bengkel, saya pun ikut nimbrung ke line service dan memperhatikan proses ganti belt drive serta roller weight-nya. prosesnya pun simple mas bro, dengan catatan sampeyan punya tools-nya🙂 prosesi penggantiannya dimulai dari melepas area left crankcase cover-nya, dilanjutkan melepas area moveable drive, untuk mengganti roller-nya… baru melepas area driven face, untuk mengganti belt drive-nya. cukup mudah kalau sudah paham🙂🙂

setelah puas memperhatikan proses pergantian belt driven, saya pun balik ke area tunggu dan menikmati fasilitas yang ada di BERES tersebut. lumayanlah… koran yang selalu update dan minuman yang free, yang selalu tersedia untuk konsumen. dan tidak seberapa lama, setelah tune up selesai… nama pun dipanggil untuk menuju ke meja cashier untuk menunaikan kewajiban. sebelum itu, saya pun ikut memperhatikan final inspection yang dilakukan kepala bengkel. setelah puas… langsung menuju ke meja cashier dan sekitar rp.122000 harus saya relakan untuk agenda service kali ini. kok murah…??? jelas. karena belt drive dan roller weight sudah saya beli sebelumnya dengan harga “hanya” rp.163000 dari yang seharusnya rp.182000, itupun dengan sistem cicilan alias kredit di koperasi karyawan tempat saya bekerja🙂

jadi… total biaya yang harus dibayar meliputi :

  1. biaya service sekitar 42000
  2. olie flick sekitar 31500
  3. jasa ganti belt driven sekitar 27000
  4. busi sekitar 21500

dan sebenarnya, biaya yang resmi malah lebih besar lagi. tetapi lagi-lagi, keuntungan sebagai member di BERES tersebut, maka saya pun dapat discount untuk spare part dan jasa service-nya. lumayanlah untuk beli oleh-oleh buat si kecil di rumah berupa sebungkus gorengan bakwan dan pisang molen favoritnya🙂🙂

Tinggalkan Balasan

