acara anak di pagi hari… kok sepi yah???

bangun di pagi hari, menjelang shubuh, memang bagus untuk membiasakan anak-anak untuk kedepannya. karena kebetulan saya memang harus bangun pagi-pagi sekali, maka anak-anak seringnya ikut terbangun tanpa saya dan istri sengaja membangunkannya. harapan saya, ketika mereka sudah terbiasa dari kecil, menjelang akil baligh nanti, saya dan istri tidaklah terlalu sulit untuk mendorong anak-anak untuk beribadah sholat shubuh berjamaah.

tapi ketika mereka sudah bosan karena belum ada aktifitas, maka yang ada adalah kerewelan demi kerewelan yang muncul dari mulut-mulut mungil mereka. so… satu-satunya cara adalah membuat si mungil-mungil ini diam adalah menyibukkan diri mereka ke dalam suatu aktifitas bersama. bisa dengan menonton tv bersama atau membacakan cerita atau membiasakan diri untuk membantu membersihkan rumah terutama kamar tidur si kecil ini. untuk membacakan cerita atau bersih-bersih rumah sih, so far tidak ada permasalahan berarti. memang sih, kadang-kadang malah mengacaukan suasana🙂 tapi yah… namanya proses pembelajaran, mau tidak mau sing waras ngalah🙂

permasalahan muncul ketika makhluk mungil-mungil ini hanya mau menonton tv. saya dan istri seringnya bingung untuk menentukan channel apa yang layak untuk anak-anak. dari berbagai acara tv yang ada… tidak satupun acara yang khusus untuk anak-anak. monggo dilihat untuk jam 0400 sampai 0430. tidak ada satupun acara televisi untuk anak-anak di bumi pertiwi ini (cmiiw). yang ada hanya acara siraman rohani dan berita, dan bahkan ada yang masih memutar film-film serial.

untuk acara siraman rohani, it’s okay lah. saya dan istri pun sembari menambah ilmu dan wawasan, bisa sekalian memberikan pemahaman-pemahaman sedikit kepada kakak ara maupun adik barra (kalau untuk si kecil ini, au ah… ngerti apa ndak). sedangkan untuk film serial pasti saya lewatkan, karena tidak jarang menunjukkan adegan yang belum perlu dilihat oleh anak-anak.

nah, yang kadang mbingungi adalah acara berita. kadang-kadang berita yang ada memang kategori tidak merusak lah, misal tentang ekonomi atau bisnis. yang jadi masalah adalah kalau berita yang ada adalah berita kriminal!!! entah pembunuhan, kecelakaan, perampokan ataupun yang lain. ini yang bikin kacau anak-anak. padahal kondisi pagi hari, ketika tubuh dan otak masih fresh, seharusnya yang ada adalah berita-berita yang konstruktif untuk perkembangan fisik dan mental. bukannya malah berita kriminial seperti ini.

so… please, untuk stasiun tv yang ada di indonesia, mbok yao dipikirkan untuk memulai acara anak-anak sedini mungkin. karena memang tidak menutup kemungkinan sudah berapa ratus ribu anak yang sudah bangun di pagi hari, dan melihat acara di tv yang tidak sesuai dengan peruntukkannya.

2 thoughts on “acara anak di pagi hari… kok sepi yah???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s