waktunya ganti belt driven…

hmmm… si merah sebentar lagi akan menempuh 26000km, dengan pemakaian sekitar 4 tahun… dengan per hari kerja menempuh minimal 40km. terhitung lumayan tinggi atau ndak seh, untuk usia 4 tahun tapi sudah mencapai 26000km??? relatif mungkin yah… terlebih saya hanya menggunakan matic ini selama hari kerja. untuk weekend seringnya dianggurin di teras rumah :)

alhamdulillah, semenjak saya menggunakan matic ini, yang namanya ganti spare part untuk tingkatan berat, belum pernah terjadi. yang ada hanya service ringan (tune up) dan ganti spare part yang fast moving, seperti 1x kampas rem depan dan 2x kampas rem belakang… dan… kabel gas, ketika ada panggilan dari ahass untuk no seri tertentu. hanya itu. eh… ban dihitung ndak yah??? untuk ban, sudah 1x untuk ban depan dan 2 x untuk ban belakang. penggantian pun dikarenakan dari tipe tube tyre menjadi tubeless :)

nah, ketika service terakhir kali di ahass jalan baru, ketika menunjukkan 24000km, kepala mekanik menginformasikan kalau disarankan ganti drive belt dan roller-nya. selidik punya selidik… ternyata ini memang standar yang tercantum di pedoman service untuk matic yang sudah menempuh 24000km. dan… inipun merupakan tindakan preventive untuk mencegah segala sesuatu yang tidak diinginkan. lah daripada lagi enak-enaknya riding… terus belt-nya putus… terus piye??? kalau masih di tengah hiruk pikuk sih ndak masalah. lah kalau lagi di ujung dunia… alias kondisi pagi hari buta seperti waktu saya berangkat kerja… bisa berabe toh?!

memang sih… sampai sekarang belt yang nemplok di mesin matic masih sangat-sangat oke. IMHO. tidak ada kendala apapun yang muncul, alhamdulillah. tetapi yang namanya rejeki kan hanya Gusti Allah yang mengatur… jadi kita sebagai manusia hanya bisa pasrah dan ikhtiar serta menikmati ketika rejeki itu datang.

dan akhirnya kemarin beli spare part drive belt dan roller di koperasi tempat saya bekerja. lumayan murah sih… sekitar rp.140160rb, karena ada diskon khusus anggota kopkar… terus bisa nyicil lagi😀😀 merdeka banget deh. dibanding kalau beli di ahass langganan yang mencapai sekitar rp.180rb, belum termasuk diskon khusus member dan diskon jasa. so… tinggal menentukan kapan waktu servicenya nih… secara mileage juga sudah menunjukkan angka 2000km setelah service terakhir… so kelihatannya minggu depan sudah harus masuk ke ahass lagi nih. waktunya merefresh matic kesayangan… :)

 

3 thoughts on “waktunya ganti belt driven…

  1. Ping-balik: akhirnya… ganti belt drive dan roller weight untuk vario | blog-nya diviarsa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s