ketika presentasi di negeri seberang…

awal bulan ini, saya ditugaskan untuk mengisi materi di suatu forum user group meeting di singapura, tentang pemanfaatan software simulasi proses pengecoran logam di lingkup perusahaan. sebenarnya kata yang tepat bukanlah mengisi materi… tapi sebatas share pengalaman dengan sedikit tanya jawab untuk aplikasi aktualnya. berhubung namanya saja ASEAN user group meeting, pastinya peserta yang hadir adalah praktisi-praktisi di bidang yang sama dengan latar belakang perusahaan yang tidak jauh berbeda, yang berada di kawasan asia tenggara. so pastinya memang bakal banyak sekali ilmu yang bisa saya dapat… dan saya aplikasikan di lingkup perusahaan nanti.

nah… yang jadi masalah adalah, dan jujur saja, kualitas bahasa inggris saya masuk di level moderate… jadinya belum terlalu pede untuk melakukan presentasi menggunakan bahasa inggris. dan dengan sedikit rasa malu yang ditinggalkan, saya tetap keukeuh untuk membuat presentasi dengan bahasa indonesia. terserah orang mau bilang apa… terserah peserta forum mengerti atau tidak… yang penting presentasi dulu. toh di presentasi saya ini cukup banyak memuat gambar aplikasi aktual di lapangan dan resultnya… pastinya bakal mudah dimengerti lah. apalagi forum ini diselenggarakan di negara rumpun melayu juga… minimal dikit-dikit juga ada yang mirip bahasanya🙂🙂

beberapa hari sebelum forum di laksanakan, saya diminta untuk mengirim file presentasi ke pihak penyelenggara… dan karena yang sudah saya siapkan adalah presentasi berbahasa indonesia, maka file itulah yang saya kirim. dan dengan file itulah saya mencoba untuk lebih memahami isi presentasi, sehingga nantinya, saya tidak perlu terlalu banyak membaca isi presentasi.

dan… akhirnya forum user group meeting pun dimulai! setelah melewati sesi-sesi awal… akhirnya setelah sesi break and lunch, saya akan mengisi sesi share ini. deg-degan… pastilah!!! jujur, saya sampai berkeringat dingin ketika akan melakukan presentasi. dan sebelum file dibuka… saya menyampaikan permohonan maaf kepada peserta forum, kalau saya akan menggunakan bahasa indonesia ketika presentasi, dikarenakan kemampuan bahasa inggris saya yang masih level bau kencur🙂. singkat cerita, kondisi saya dimaklumi oleh peserta forum… dan presentasi pun dimulai🙂

begitu file dibuka oleh pihak penyelenggara… jreengggg!!! ternyata isi presentasi saya sudah di alih bahasa… diganti menjadi bahasa inggris. waduh!!! terlihat muka bengong saya… dan sekilas beberapa orang dari pihak penyelenggara tersenyum. malah saya yang bengong ini jadi bingung. presentasi pakai bahasa apa nih…??? 

akhirnya salah satu dari pihak penyelenggara (yang memang WNI) berbicara sama saya. ” sudah pak, nggak usah dipikir. kalau bapak nggak nyoba pakai bahasa inggris… kapan bisanya pak. santai saja. saya dulu juga awal-awal kerja disini juga sama kayak bapak. take it easy lah. nanti juga terbiasa.”

yo wes lah… lillahi ta’alla. bermodal nekat… akhirnya presentasi juga dengan bahasa inggris. yang mau tidak mau, beberapa kali membaca dari prsentasi yang ditampilkan. lah wong banyak istilah teknik yang saya rada bingung alih bahasanya ke bahasa inggris.

singkat cerita… presentasi berjalan cukup lancar. kendala bahasa sedikit demi sedikit bisa saya atasi. perasaan malu yang sempat muncul… bisa saya tekan. alhamdulillah.

yang ada… setelah presentasi malah didatangi peserta lain, dan bertanya-tanya tentang aplikasi aktual di perusahaan. beberapa pertanyaa sih saya rada ngerti dan bisa saya jawab juga dengan lancar… tapi kok lama kelamaan ngomongnya tambah cepat… mau ndak mau akhirnya saya minta bantuan pihak penyelenggara untuk membantu saya memahami beberapa pertanyaan dari peserta lain. udah ngomongnya cepat banget… plus dialek masing-masing negaranya yang cukup kental. ndak jauh beda sama saya ternyata… bahasa boleh inggris, dialek tetap jawa medok😀😀

yup… itu sekelumit cerita ketika berada di negeri seberang. banyak pengalaman dan angan-angan yang cukup menantang untuk diaplikasikan dan diambil hikmahnya, khusunya, untuk saya pribadi.

Tinggalkan Balasan

