cara agar aplikasi fring bisa digunakan di nokia C7 – belle

lagi asyik ngutak-atik nokia C7 euy. apalagi sudah update ke symbian belle. tambah kinclong interface-nya… lebih menarik dan fresh banget dibanding symbian ^3 atau symbian anna.  

nah… ternyata begitu update ke belle, lumayan banyak aplikasi yang belum siap untuk dipakai di belle. padahal sebelumnya, disymbian ^3 atau anna, aplikasi ini lancar jaya, tanpa masalah berarti.

dan salah satu aplikasi favorit saya… fring, mogok dijalankan setelah update ke symbian belle.

aplikasi ini mirip seperti skype… yang nota bene, untuk penjelasan singkatnya, bisa untuk melakukan panggilan via internet, tanpa memakan pulsa seperti kita melakukan panggilan operator to operator seperti biasanya.

kenapa tidak menggunakan skype… karena untuk nokia C7, skype tidak bisa digunakan untuk video call, meski sudah ada kamera depan. kenapa tidak bisa…??? saya juga ndak tahu🙂 bisa jadi memang masih dalam tahap pengembangan dari pihak skype untuk aplikasi di symbian belle.

nah… fring ini sebelumnya, di symbian ^3 atau anna, lancar jaya tanpa masalah. berkali-kali pakai juga tidak bermasalah. asalkan ada jaringan 3G atau wifi. tapi… begitu upgrade ke symbian belle… fring langsung macet!!! hanya bisa satu kali digunakan dan setelahnya langsung mogok alias tidak bisa digunakan lagi. info resmi dari pihak developer fring, karena memang sedang dikembangkan untuk symbian belle (lihat di sini).

bisa jadi banyak developer yang belum siap (atau merasa percuma???) untuk membuat aplikasi yang jalan di symbian belle. yah mungkin karena symbian belle adalah OS baru dari symbian (nokia)… mungkin juga jarena merasa percuma karena nokia telah membinasakan OS besutannya sendiri dan lebih memilih OS windows phone untuk handsetnya (hope not for this reason).

karena kebutuhan akan video call via internet… maka saya mencoba gugling cara “mengutak-atik” fring biar bisa digunakan di C7 with symbian belle. dan akhirnya ketemu juga cara cepat dan mudah untuk mengatasi hal ini.

  1. download aplikasi Xplore dari nokia store
  2. buka aplikasi Xplore… cari c:/system/03081978
  3. cari 3 file berikut : WatchdogConfig.dat; WISPrCrd.dat; WISPrPRR.dat
  4. beberapa situs (lihat di sini), mengatakan untuk dihapus folder 03081978 atau 3 file tadi dihapus. kalau saya pribadi memilih untuk me-rename 3 file tadi. contoh : WatchdogConfig.dat –> WatchdogConfig_1.dat
  5. buka kembali aplikasi fring
  6. monggo digunakan sepuasnya

disclaimer :

sampai tulisan ini dibuat, nokia C7 – belle milik saya masih berjalan dengan normal dan semua aplikasi, terutama fring, berjalan dengan lancar jaya. kedepannya bisa jadi ada permasalahan, karena file yang ada di system sudah dirubah. DO IT WITH YOUR OWN RISK!🙂

3 thoughts on “cara agar aplikasi fring bisa digunakan di nokia C7 – belle

  1. gan stelah q bka xplorer menu yg dtemukan di c:/system:/03081978 cuma menu Watchdogconfig.dat sdngka WISPrCrD.dat n WISPrPRR g dtmukan..trus gmn itu gan..mhon pencerahanx..hpq n8 udah belle

  2. gan, maaf nich melenceng dikit.🙂
    Ane mau tanya, ntu c7 nya udah di hack blom? Tau cara hack nya ga?

    Trus cara upgrade nya gmna sich, c7 ini, apa harus ke gerai nokia?

    Thanks for attent.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s