efek demo buruh… apakah wacana pemindahan ibukota menghangat lagi?

berkaitan dengan demo buruh yang menutup akses tol cikampek dari dan ke jakarta… seharusnya pemerintah mempunyai agenda tambahan atau bisa disebut plan B berkaitan dengan upaya mengurangi efek domino dari penutupan akses tol cikampek ini. seperti yang diketahui dan dirasakan bersama… tol cikampek adalah denyut nadi utama akses dari dan ke jakarta. entah itu akses transportasi… akses informasi… dan yang paling utama adalaha akses ekonomi. dan begitu akses ini di tutup… berapa juta orang yang ngedumel dan ngomel… berapa ratus ribu orang yang bersumpah serapah… berapa ribu orang yang pusing… berapa ratus orang yang kelimpungan…

nah… ini baru aksi para buruh di hari jumat yang menutup akses ini… efek domino dirasakan dampaknya langsung di kota yang merupakan pusat pemerintahan dan perekonomian indonesia. kalau sampai tiap hari ada aksi seperti itu… mau efek domino yang seperti apa lagi yang diharapkan pemerintah?

seharusnya dengan adanya efek domino yang sangat terasa itu… pemerintah sudah memikirkan berbagai plan B atau alternatif akses dari dan ke jakarta. jangan sampai didiamkan saja. so… penambahan akses sangat-sangat mutlak dibutuhkan untuk menjadi alternatif dan juga sebagai pemecah kepadatan arus dari dan ke jakarta. jangan hanya bermuara di tol cikampek saja. perlu dibuka akses lainnya.

dan jikalau akses itu tidak dimungkinkan… perubahan status jakarta sebagai pusat pemerintahan atau ekonomi harus dipikirkan atau dikaji ulang. jangan sampai aksi serupa atau yang lebih besar… akan sangat-sangat merugikan bagi rakyat.

ada satu celetukan dari teman yang menurut saya sih sangat-sangat masuk akal… “baru demo tutup tol aja dah heboh… lah kalo kita perang… terus akses utama dikuasai musuh… tinggal nunggu waktu dah!!!”

nah loh. yo opo iku…??? moga-moga memang sudah terpikirkan oleh pemerintah dari dulu. dan moga-moga pemikiran yang dari dulu ini, (seharusnya) sudah dimulai geliatnya. jangan tidur mulu🙂

2 thoughts on “efek demo buruh… apakah wacana pemindahan ibukota menghangat lagi?

  1. bnar tu,.. cepat ditindak lanjut lah,.. kalau masih ada yg demo, seharusnya pemerintah sadar kalau kerjanya belum bagus untuk ksjahteraan rakyat.!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s