pembatasan BBM… moga-moga ndak jadi :) :)

wacana pembatasan BBM untuk kendaraan roda 4 plat hitam per 1 april 2012 sudah berhembus kencang. bahkan persiapan-persiapan sudah dilakukan pihak pertamina, selaku pihak yang bertanggung jawab untuk mendistribusikan BBM jenis premium ke masayarakat luas, untuk menyongsong kebijakan yang relatif tidak populer di sebagian masyarakat indonesia ini… termasuk saya🙂🙂

bukannya saya menolak wacana yang bagus ini… tapi melihat persiapan-persiapan yang dilakukan, cenderung masih belum memungkinkan untuk diaplikasikan di bulan april mendatang. dan terbukti… di koran tempo yang saya baca kemarin… pertamina juga menkonfirmasi hal ini. bahwa untuk area jawa bali… pertamina masih belum mengimplementasikan pompa khusus untuk pertamax di semua SPBU-nya… masih ada ratusan SPBU yang belum mempunyai pompa khusus pertamax. apalagi membaca artikel dari detik.com perihal belum siapnya pertamina untuk memproduksi pertamax di kilang-kilang minyaknya, karena hanya kilang di balongan saja yang siap memproduksi pertamax. itupun kalau digunakan untuk kebutuhan pulau jawa saja… masih kembang kempis distribusinya. (sumber baca di sini).

nah… kalau memang dipaksakan hanya akan dilakukan di area jabodetabek… atau bahkan jakarta saja… monggo dilihat kemampuan SPBU yang ada untuk melayani penjualan pertamax. saya perhatikan… untuk di area bogor… hanya beberapa SPBU yang mempunyai pompa khusus pertamax lebih dari 2 pompa/stasiun, itupun satu khusus untuk motor…

yang lain… paling cuman punya satu. lah ini kalau dilakukan pembatasan BBM premium… itu mobil mau disuruh antri berapa lama untuk mengisi pertamax??? antri bisa sampai 20-30 menit… hanya untuk sekian liter pertamax. wuih… mubadzir!!! terus kalau setiap SPBU disubsidi untuk proyek penambahan pompa/stasiun pertamax… butuh berapa lama untuk pengadaannya…? kok saya ndak yakin kalau bulan maret akhir bisa selesai di seluruh SPBU di jabodetabek.

oke-lah… di jabodetabek sudah muncul berbagai SPBU swasta, semisal SHELL… tapi itu juga segelintir dan pastinya tidak akan mampu mengcover kebutuhan pengguna pertamax di jabodetabek. dan untuk bogor sendiri… yang saya tahu… baru ada dua SPBU swasta. PETRONAS di sentul city… dan TOTAL di seputaran air mancur. cuman dua… belum nambah lagi yang lainnya.

apalagi ide konversi BBM ke BBG… halah!!! lah wong SPBG aja terbatas gitu. apalagi yang di jakarta… berjubel itu mobil angkutan umum untuk mengantri di SPBG, monggo dilihat di seputaran rawamangun. lah ini kok mau dipaksakan konversi ke BBG. benahi dulu urusan stasiun pengisiannya. tambah jumlahnya… dan pastikan konverter-nya memang aman… baru diaplikasi ke masyarakat.

so… buat pemerintah… monggo ditinjau lagi kebijakan ini. silahkan survei dan dinikmati sendiri… seperti yang sering dilakukan pak dahlan iskan🙂 :) mungkin nantinya, bapak-bapak yang diatas bisa merasakan kesulitan yang dialami oleh masyarakat… dan bisa mengambil kebijakan yang lebih merakyat dan merata untuk seluruh masyarakat indonesia. MERDEKA…!!!

4 thoughts on “pembatasan BBM… moga-moga ndak jadi :) :)

  1. wajar kalau motor banyak yang isi non subsidi.
    motor 1l bisa 40km lebih. lah mobil… 1l “cuma” 12km. kebayang kalau harus non subsidi terus.
    pernah saya isi pertamax di vario… eh ada fortuner nangkring dan isi premium. cuma bisa geleng-geleng.
    tapi begitu isi BBM di SPBU non pertamina… senang rasanya. semua motor dan mobil pasti isinya non subsidi🙂🙂

    pernah baca spanduk di SPBU pertamina kan… yang isinya “premium hanya untuk golongan tidak mampu”
    lucu kalau saya bilang.
    karena kalau diplesetin… makna golongan tidak mampu ini adalah orang-orang yang punya kendaraan, baik roda 2 atau roda 4…
    yang “tidak mampu” beli pertamax atau non subsidi lainnya🙂🙂

    so definisi subsidi dan golongan tidak mampu itulah yang sebenarnya perlu diperjelas lagi.

    atau mungkin bentuk subsidi itu dikelola dengan bentuk lain…
    tapi kalau bisa jangan seperti kasus BLT kemarin-kemarin.
    bisa saja sih.. mirip BLT. tapi data kependudukannya dibenahi dulu.
    jangan asal pakai data yang ada. lah wong buat KTP ma KK gampang banget.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s