mobil esemka memang keren tapi…

topik trending di kantor saya saat ini… adalah mobil esemka! mobil buatan anak-anak bangsa, yang nota bene masih bersekolah di level SMK, dan tidak mempunyai tendensi apa-apa dalam menghasilkan suatu karya yang, menurut saya, merupakan terobosan yang “wah” ditengah gejolak bangsa. yah… kalau dibandingkan dengan para wakil yang terhormat di sana… yang notabene gelar-nya berderet-deret, sampai nama lengkapnya saja kalah panjang dengan gelar-nya :) , yang bisa mengeluarkan segelintir “produk”-nya yang katanya bernuansa titipan dari pihak-pihak yang ingin diuntungkan. sungguh ironis.

balik lagi ke topik… mungkin hal ini sudah sering dibahas… atau sudah menjadi pembicaraan bagi pemerhati mobil esemka ini… yaitu tentang hak paten. yah, ini merupakan masalah sepele yang tidak sepele. kalau kita berkaca ke kasus apple vs samsung, di ranah tablet pc… terlihat paten sekecil atau sesederhana apapun, merupakan hak yang tidak boleh dilanggar dan harus dipatuhi serta dipenuhi kewajiban membayar royaltinya oleh pengguna hak paten itu. 

jangan sampai ketika nanti produksi massal, di mobil esemka masih ada beberapa komponen yang melanggar hak paten dari pihak lain. sangat disayangkan kalau sampai hal ini terjadi. entah bakal ada cibiran apa lagi yang harus diterima oleh anak-anak bangsa ini kalau hal itu terjadi, setelah sebelumnya cibiran datang dari malaysia (baca disini).

so… monggo dipelajari hak paten yang menyangkut di berbagai komponen yang digunakan di mobil esemka. pelajari segala kemungkinan perubahan yang bisa dilakukan tanpa mengurangi kualitas… atau bahkan bisa menambah kualitasnya, dan pastinya tidak melanggar hak paten dari komponen itu. bisa jadi… malah nantinya akan muncul hak paten baru yang diatasnamakan oleh anak-anak yang membanggakan ini, karena perubahan kualitas itu tadi.

maju terus esemka!!! buat kami bangga menjadi bangsa indonesia!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s