asapmu bukan untukku…

ketika naik bus jurusan cibinong kampung melayu pagi ini, saya tertegun dengan sesosok kakek tua dengan cucunya (mungkin…) yang duduk di bangku paling belakang… pojok sebelah kanan, yang sedang menikmati kepulan asap rokok yang keluar dari mulutnya. terlihat di wajahnya sangat tenang… santai… sambil menunggu bus jurusan ini berangkat. kondisi sebaliknya terjadi pada cucunya. terlihat dari gesture tubuhnya, dia ingin menghirup udara bebas yang masuk melalui jendela yang dibuka lebar oleh kakeknya itu. lha wong kepalanya dilongokkan keluar jendela.

berhubung tidak ada tempat yang menarik buat diduduki… maka saya pun duduk di deretan paling belakang juga, tetapi di sisi sebaliknya dengan si kakek. dengan kondisi bus yang masih ngetem ini, mau tidak mau udara pagi yang dari tadi, sepanjang perjalanan, sangatlah segar, berubah menjadi rada sesak di paru-paru saya. tidak ikhlas rasanya kalau udara pagi yang masih fresh ini sudah dikotori oleh asap rokok.

tapi ya mau bagaimana lagi. peraturan sudah ada… dan itupun juga tertulis di dinding bus, kalau dilarang merokok. tapi selama tidak ada aparat yang ikut menegakkan, seakan-akan peraturan itu hanyalah lip service saja buat masyarakat. okelah… kita sendiri juga harus bertindak. tapi ada batas-batas norma yang berlaku. IMHO.

anyway, kalaupun tidak ada asap rokok… asap knalpot bus ini pun juga parah. dengan waktu ngetem yang cukup lama, lama-kelamaan asapnya juga masuk ke dalam bus. wes tambah plepeken. so… akhirnya balik lagi ke kita-kita sendiri. mau “menikmati” asap rokok atau “menikmati” asap knalpot. yang pastinya kedua-duanya sama-sama mendatangkan mudharat buat kesehatan kita.

4 thoughts on “asapmu bukan untukku…

  1. Wah, tega banget tuh si kakek, padahal ada anak kecil di sana. Saya juga perokok, tapi gak tega kalo mau merokok lalu ada orang lain yg gak ngerokok di deket saya, apalagi anak kecil.😦

    Di alun-alun batu juga ada peraturan dilarang merokok di area alun-alun😦 kecuali di smoking area😀
    Tapi sayangnya smoking area ditempati ibu2 yg lg nggendong anak, mungkin lagi ngadem di sana. Hahaha.. Gak jadi deh mau merokok.. Ora tegooo..:mrgreen:

  2. salut mas bro… merokok memang hak asasi masing-masing. tapi usahakan jangan sampai melanggar hak orang lain juga yang tidak merokok🙂

  3. Sip mas.😉

    Lama gak mampir sam, pas mampir maneh aku kaget, tak kiro salah blog. Tema’e podo karo blog Solidifikasi, tapi jeneng blog’e bener.. Hahaha.. Tibak’e ganti tema to…😆

  4. hahahaha… oyi. tema e dipadhake. lah blog e 2 tapi sing ngrumat cuman sithok… kesel jes. mending dicampur ae lah.
    tapi blog solidifikasi ate di hapus… kok aras2en alias eman2🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s