ketika bunda ikut membantu proses persalinan…

kemarin, rabu 24 nopember 2011, terjadi suatu peristiwa yang sangat spesial, sampai-sampai membuat istri saya benar-benar syok berat. so… jadilah hari kemarin itu, hari yang spesial sekaligus hari yang berat buat istri saya.

singkat cerita, peristiwa ini berkaitan dengan pembantu saya, yang memang sedang hamil tua sekitar 8bulan. pembantu ini, sebut saja teteh… sebenarnya sudah berniat berhenti dan istirahat kerja mulai akhir bulan ini, karena prediksi kelahirannya di pertengahan bulan desember. dan karena jam kerjanya yang dari pagi pukul 0730 hingga sore pukul 1400, itu pun hanya senin sampai jumat… si teteh cukup santai menghadapi kehamilannya kali ini.

dan ketika sore kemarin…ketika saya pulang kerja, sekitar pukul 1740, istri terlihat sedang mengobrol dengan beberapa tetangga di teras rumah. saya pun memarkir motor matic… dan ikut nimbrung sembari melepas alas kaki. karena sebentar lagi adzan maghrib, maka para tetangga itupun berpamitan pulang.

dan tidak seberapa lama, istri bilang… “baru kali ini lihat ari-ari bayi…?!”

“loh… ari-ari siapa??? memangnya teteh sudah nglahirin…???” tanya saya. “sudah… tadi siang jam 1430” , sahut istri.

“loh… bunda ikut nganterin…???” tanya saya lagi. “NGGAK!!! LHA WONG DIA NGLAHIRIN DI RUANG KELUARGA KITA!!!” kata istri, setengah berteriak.

“haaaaa…. kok bisa!!! katanya pertengahan desember… emangnya ndak kerasa dari pagi apa kalo mo nglahirin???” balas saya.

“ayah… teteh itu baru ngomong sekitar 1415an, kalo perutnya dia mulai mules. trus minta dipanggilin suaminya. keruan sekalian bunda telpon tetangga-tetangga kiri kanan… minta bantuannya. kok ya kebetulan dokter sebelah rumah lagi dinas… bidan di blok sebelah juga ndak di tempat, terpaksa deh tukang pijit bayinya adik barra bunda telpon. eh, ndak nyampe 15 20 menit, anaknya dah lahir. padahal itu tukang pijit bayi… belum nyampe… untung ada mbak lisa (salah satu tetangga) tuh… dia berani… ikut narik bayinya pas mo keluar.”

jreenggg!!! kaget saya. benar-benar kaget. saya ingat betul, istri saya menghadapi proses persalinan… dari pagi sampai siang hari, anak saya belum lahir. malah sampai akhirnya asmanya kambuh ketika bukaan 4… akhirnya terpaksa di caesar. eh ini si teteh… hanya 15 menit dari berasa mules… anaknya sudah lahir. subhanallah!!!

alhamdulillah… semuanya juga lancar proses persalinannya. padahal yang membantu proses persalinan tidak ada background kesehatan… yang ada hanya semangat untuk menolong sesamanya. anak dan ibunya pun sehat tanpa kekurangan apapun. alhamdulillah. tinggal kondisi istri saya yang masih rada syok. bahkan sampai tadi pagi pun, istri masih terngiang-ngiang kejadian kemarin🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s