ketika audit ISO 9000 : 2008…

saat audit ISO 9000 : 2008, di kantor… merupakan pengalaman yang unik bagi saya pribadi. ini merupakan pengalaman pertama saya mewakili seksi untuk diaudit oleh pihak eksternal perusahaan. kalau untuk audit internal… sih sudah lumayan seringlah… sekitar 3 kali. dan karena ini merupakan audit eksternal… maka sensasinya sangatlah beda dibanding audit internal.

pertanyaan yang diajukan pun sederhana, tapi sangat mendasar. berbagai pertanyaan sepertinya mudah untuk dijawab dan ditunjukkan bukti dokumennya… tapi menginjak akhir-akhir audit, muncul satu pertanyaan perihal kriteria shrinkage material yang digunakan. basic sekali… malah bisa dibilang sangat-sangatlah mendasar. tapi bikin kalang kabut!!!

hampir semua staff di seksi ikut membantu… mencari referensi-referensi data yang dibutuhkan. berbagai sumber data dibuka dan ditunjukkan ke auditor… eh ditolak karena tidak menunjukkan sebagai suatu standar internasional. begitu juga dengan dokumen-dokumen meeting atau kesepakatan… ditolak juga.

wuih…benar-benar effort yang luar biasa dari teman-teman. sampai-sampai diruangan meeting yang berukuran 5 x 6 dengan AC terpasang dua buah… dengan temperatur yang di set sekitar 16-18 C… terasa sangat panas. sampai-sampai badan ini keringatan, saking paniknya. panik… ya wajar! karena kalau sampai pertanyaan referensi tadi tidak terjawab… atau evidence-nya tidak ada… maka itu akan menjadi temuan major. bukan minor lagi… alhasil, sertifikasi yang sudah ada bisa ditahan dan dievaluasi ulang. tapi alhamdulillah… akhirnya ketemu juga referensinya. yang ternyata tersimpan dengan rapi di lemari… di ruangan audit itu sendiri🙂

begitu ditunjukkan ke auditor… dicheck… dan dinyatakan valid… langsung lega🙂🙂 alhamdulillah!!! dan tanpa terasa… audit yang dilaksanakan dari pukul 0900 pagi… akhirnya selesai setelah evidence referensi shrinkage bisa ditunjukkan pada pukul 11.50an.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s