technical competency assesment… memang bikin deg-degan

menjelang akhir bulan oktober ini… suasana di kantor menjadi sedikit menghangat… malah bisa dibilang menjadi sedikit bergairah🙂 eitsss… ini dalam arti kiasan saja yah. suasana ini terbentuk karena adanya assesement rutin untuk semua staff yang ada. yah… semacam ujian mid semester lah. yang nantinya akan menentukan nilai ujian akhir semester atau menentukan performa seorang staff dalam semester itu. ujung-ujungnya bisa ditebak lah… menyangkut jenjang karier… dan yang terpenting adalah bonus tahunan!!!😀😀

dan untuk menghadapi assesment rutin ini… satu bulan sebelumnya… pihak divisi sudah mengadakan semacam training singkat bagi seluruh staff, perihal detail-detail pekerjaan dari departement lain, seperti budgeting, designing, manufacturing dan lainnya. bagus sih… karena assesment memang dititikberatkan di knowledge tentang bisnis proses satu divisi. tapi… kurang maksimal! karena hanya dua hari untuk mengetahui seluk beluk mendetail tentang pekerjaan departement lain, bahkan sampai di level seksi. berhubung training singkat yang hanya dua hari… maka yang nyantol ya cuma kulitnya saja. detail-detail pekerjaan… yo babar blas. ndak mudeng… malah tambah bingung.

dan saat yang ditunggu pun tiba… kemarin saya menghadapi assesment ini dengan level PD hanya 70%🙂 jadinya malah pasrah alias nothing to lose. fyi, assesment ini berupa interview. jadi akan dilihat juga cara presentasi dan cara menghadapi pressure yang ada. dan berhubung posisi saya sebagai seorang designer… mau tidak mau pokok pertanyaan akan banyak berkutat di bidang product knowledge, design, construction dan manufacture. tak lupa mengenai cost yang menyangkut didalamnya.

berbagai pertanyaan muncul semenjak saya menjelaskan flow proses design. cukup lama pertanyaan di bidang itu… sekitar 1 jam dari alokasi total hanya 1.5 jam. dari jawaban singkat… sampai jawaban detail saya persembahkan buat penguji…🙂

dan di waktu sisa 0.5 jam… mulailah pertanyaan mengenai construction dan manufacture. pertanyaan demi pertanyaan yang sederhana bermunculan… yang membuat saya berpikir keras untuk menjawabnya. di benak saya… setiap pertanyaan itu harus dijawab dengan detail agar tidak menimbulkan pertanyaan lagi. toh juga ini assesment dengan kategori technical competency… jadinya ya harus detail.

eh ternyata… begitu saya jawab dengan detail… malah saya “diceramahi” oleh pengujinya. “saya tuh nanyanya cuman teori yang bisa dibilang basic… kenapa kamu jawabnya teknis banget. iya kalau saya ngerti ndak papa. lah kalau malah bikin bingung karena teknis banget gimana??? dah… jawab saja sesuai pertanyaan!!!” gluudaak!!! bingung deh… dijawab detail salah… nanti kalau dijawab secara singkat malah tambah salah. yo wes… ikut aturan saja deh🙂

menginjak bab terakhir… yaitu mengenai product knowledge… malah saya tidak ditanya apapun!!! malah saya yang bingung. karena ini point plus saya… malah ndak di utak-atik. mbuh lah. yang penting assesment sudah selesai. dan tinggal menunggu hasil akhirnya saja di akhir tahun🙂 kalau melebihi ekspektasi saya… ya syukur alhamdulillah. kalau ternyata tidak sesuai ekspektasi, ya mau ngomong apa. itulah hasil karya saya di tahun ini🙂

2 thoughts on “technical competency assesment… memang bikin deg-degan

  1. menegangkan masbro… sama pentingnya mirip sidang TA alias skripsi sih.
    kalau skripsi bebannya harus lulus. urusan masa depan euy… kudu lulus en dapat kerja.
    kalau assesment ini bebannya urusan financial keluarga😀

Tinggalkan Balasan

