distro zorin os 5

setelah sekian lama, baru kali ini saya sempat untuk menginstall distro zorin os 5 di laptop saya. berhubung OS di laptop saya kembalikan ke habitat aslinya alias bawaan dari pabriknya… saya mencicipi distro ini hanya lewat virtual box🙂

sedangkan proses instalasi di virtual box, tidak jauh beda seperti kita install di HDD langsung. bedanya agak terasa lambat. wajarlah… resource-nya harus dibagi antara OS aslinya dengan bentukan virtual box.

impresi pertama kali ketika instalasi berjalan adalah… ini distro memang ubuntu banget!!! yah… memang distro ini adalah derivative atau turunan ubuntu. jadinya ya mirip banget dengan ubuntu. bahkan ketika loading grub saja… tertampilnya bukan zorin… tapi ubuntu

ketika masuk ke menu login… aroma ubuntu tercium sangat kuat

dan… ketika sudah masuk ke tampilan dekstopnya… terlihat nuansanya ubuntu banget. lihat saja logo ubuntu di start menunya🙂

nah… disinilah kemudahan yang ditawarkan oleh zorin OS terlihat. ada menu pilihan desktop yang bisa ditentukan oleh usernya. tersedia 3 macam pilihan desktop yang ditawarkan. jadi ada pendekatan untuk kemudahan user mendalami distro ini, terutama bagi user yang sebelumnya sangat familier dengan OS besutan microsoft, seperti saya ini🙂

nah… mungkin itu impresi-impresi yang bisa saya ambil dari zorin OS ini. karena secara umum… zorin OS ini tidaklah berbeda dengan citarasa yang ditawarkan oleh ubuntu, yang merupakan distro linux pertama saya, meski sampai sekarang masih berstatus newbie linux yang ndak jelas juntrungannya🙂

monggo di download dari site-nya langsung bagi siapa saja yang ingin mencobanya. coba klik saja di sini. selamat menikmati.

Tinggalkan Balasan

