antara fidyah dan qodho puasa bagi ibu menyusui… yang benar mana yah?

berhubung kondisi adik barra dan kakak ara yang masih dalam proses penyembuhan dari sakitnya dan pastinya butuh penanganan ekstra… istri terpaksa tidak berpuasa. apalagi adik barra sedang dalam kondisi ASI eksklusif. jadinya klop sudah🙂

sebenarnya, istri juga ragu-ragu… antara berpuasa atau tidak. karena kebutuhan adik barra yang sedemikian besar terhadap ASI, maka diputuskan untuk tidak berpuasa dahulu sampai adik barra sembuh. dan PR saya adalah mencari informasi tentang halangan puasa untuk ibu menyusui itu seperti apa.

memang, ada beberapa pendapat, menurut saya, yang sama-sama kuat… yaitu antara harus menggqodho plus membayar fidyah… dan hanya cukup membayar fidyah tanpa mengqodho.

yah… jadi bingung deh. dari salah satu teman kantor, yang ilmu agamanya sangat lebih dari ilmu agamanya saya… memberi pendapat yang intinya bahwa islam tidak akan memberatkan umatnya dalam menjalani ibadah. untuk kasus ini, asalkan menyakini kalau memang diperbolehkan tidak berpuasa karena menyusui dan hanya wajib membayar fidyah tanpa mengqodho… silahkan. dan haruslah tidak ada keragu-raguan diatasnya. tapi kalau muncul keragu-raguan sedikit saja… lebih baik membayar fidyah serta mengqodho sebanyak hari puasa yang ditinggalkannya.

hemm… berat euy. keragu-raguannya ini yang membuat bingung. karena sedikit ada keraguan, maka tidak sah ibadah yang dilakukannya… kalau ini pemahaman saya loh🙂 padahal urusan ibadah tidak bisa dibuat main-main. haruslah jelas dan tetap dasarnya.

yo wes lah…. lillahi ta ‘ala. semoga pilihan yang diambil memang sesuai dengan ketentuan yang sebenar-benarnya. amien.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s