muntah… muntah…

rabu siang, 10 agustus 2011… akhirnya adik barra dibawa ke DSA yang sudah biasa menanganinya. berhubung jadual praktek di rs hermina pukul 1200-1400, saya pun harus ijin dari kantor untuk bisa mendampingi adik barra kontrol ke DSA.

dan seperti yang bisa diduga… ternyata diagnosa DSA ini dengan DSA sebelumnya, berbeda. kenapa??? wah saya ndak paham ilmu kedokteran. saya bisanya hanya ilmu tebak-tebakan :) DSA, kali ini, mendiagnosa kalau adik barra terkena alergi… seperti halnya kakak ara. batuk alergi ini lah yang menyebabkan muntah. memang ada kemungkinan virus yang masuk… karena adik barra mulai suka memasukkan apa saja ke dalam mulutnya (maklum baru 6 bulan), tapi alergi lah penyebab dominan dari batuknya adik barra.

ini diutarakan beliau ketika mendengar nafas dari adik barra, lewat stetoskop. plus melihat langsung adik barra batuk-batuk dan kemudian dengan suksesnya muntah, yang dominan lendir a.k.a dahak, di depan DSA🙂

indikasi dari nafasnya adalah sebenarnya nafas-nya teratur… tapi kalau dibandingkan antara panjang nafas ketika menarik nafas dengan menghembuskan nafas… relatif sama. ini mengindikasikan ada hambatan (penyempitan) di saluran nafas yang bisa ditimbulkan oleh alergi… dengan kata lain… seperti halnya kakak ara… mempunyai bakat asma. sama seperti bundanya.

perbandingan dengan nafas normal… panjang nafas antara menarik nafas dan menghembuskan nafas… lebih panjang menarik nafas. karena tidak ada hambatan ketika sedang menghembuskan nafas.

bakat asma ini bisa sedikit dikurangi dengan… berenang. intinya sih yang pasti olahraga… berhubung masih balita, maka dianjurkan untuk berenang. nah, lumayan kan dapat berapa ilmu baru tuh…🙂

so… resep sudah dituliskan dan surat pengantar inhalasi (untuk meringankan serta mempercepat penyembuhan batuk dan pengeluaran dahak) diberikan oleh DSA. dan tak lupa saya minta juga surat pengantar inhalasi untuk kakak ara. karena kakak ara juga sudah sakit batuk dari hampir 3 minggu yang lalu. sebenarnya sudah sembuh… tapi berhubung tetangga sedang renovasi rumah… dan memang cuaca yang sedang tidak bersahabat… batuknya kakak ara kumat lagi.

yah… kelihatannya proses inhalasi ini bakalan rutin deh kedepannya. tapi semoga saja tidak. semoga saja dengan 3x… yah mentok 5x inhalasi, adik barra dan kakak ara bisa cepat sembuh… dan kami sekeluarga bisa mudik dengan tenang :)

dan per hari ini, 12 agustus 2011, adik barra dan kakak ara akan menjalani inhalasi yang ke-3 nanti malam. semoga lekas sembuh… amien.

13 thoughts on “muntah… muntah…

  1. Amin..
    Wah, kalau sudah berkeluarga banyak tantangannya ya mas..🙂
    Saya sepertinya juga harus sering2 olahraga nih, seperti yg sampeyan bilang:mrgreen:

  2. tantangannya tak terhingga masbro… jangan dibayangin sekarang. mendingan anggap saja kejutan.
    mungkin… itu seninya membina keluarga kecil🙂

  3. bener juga ya, jadiin surprise aja. hehe..🙂
    membina keluarga juga pakai seni ya, hehe.. maklum, belum berkeluarga.. tapi udah buru2 pengen nyusul..:mrgreen:

  4. nah… ngunu kan semangat. gak sia-sia aku ngompori 5 tahun kudu lulus🙂🙂 mosok tambah enom kok lulus e tambah suwe… nak kewut ngene yo wajar🙂

  5. jadi inget baby ku kemaren jg muntah muntah. untung dikasih nafroz syrup berkat saran dokter langsung sembuh. Dikasih baluran bawang merah juga tuh sama susternya. hehe… salam kenal ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s