berbadan besar itu sengsara

pernah nemuin nggak, ketika di bus atau di angkutan umum lainnya… ada dua orang yang berdiri, satu berbadan gemuk alias besar… dan yang lain berbadan kurus. anggap saja sama-sama laki-laki. dan kebetulan juga… hanya ada satu tempat duduk yang kosong.

perkiraan anda… manakah yang akan menduduki bangku yang kosong itu…?

dari berbagai pengalaman yang saya temui dan bahkan saya alami sendiri… rata-rata bangku kosong itu akan diduduki oleh orang yang berbadan lebih kecil atau kurus. pertanyaannya kenapa???

semenjak masih kecil… katakanlah masih balita… banyak orang yang mengatakan kalau bayi gemuk itu sehat… kalau melihat anak kecil yang lemu ginuk-ginuk itu menggemaskan dan sehat. apakah itu benar???

terus ketika kita sudah beranjak dewasa… seringkali orang ngomong…

“eh, minta tolong angkatin barang itu dong… kan kamu badannya besar.”

“kamu yang nyetir motor yah… kamu kan badannya besar.”

memangnya badan besar itu identik dengan sehat… identik dengan kuat… atau lebih kasarnya… identik dengan undefeated alias jagoan??? pliss deh!!!

tapi itulah idiom yang berlaku di negara kita tercinta… yah minimal yang berlaku di sekitar kita. berhubung dari kecil sudah direcoki dengan kata-kata badan besar itu sehat… kuat… maka pandangan itulah yang tertancap dengan dalam di mindset rata-rata orang.

bahwa badan lebih besar itu lebih kuat menghadapi “kesengsaraan” dibanding orang yang badannya kecil.

tapi apakah orang-orang yang berbadan besar aka gemuk… itu semuanya berbadan sehat??? bisa-bisa malah yang berbadan gemuk itu malah lebih penyakitan dari pada yang berbadan kurus. dan itulah yang seringkali orang tidak ngeh… atau memang pura-pura tidak ngeh? karena siapa sih yang mau sengsara… anggap saja sedang bepergian jarak menengah atau jauh… terus harus berdiri sepanjang perjalanan… ya pasti pegel semua itu kaki.

yah… ini hanya berdasar dari pengalaman yang saya temui atau alami sendiri. jadi ini memang subyektif dari diri saya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s