selalu double check sebelum berkendara…

selain raincoat model ponco… ada hal lain lagi yang kebetulan benar-benar saya alami ketika berkendaara dengan sepeda motor. kejadian ini saya alami sekitar tahun 1997, sekitar kelas 2 sma, ketika pulang sekolah dari madiun ke magetan… waktu itu rumah di magetan sedangkan sekolah di madiun.

saya menggunakan tas kain, model backpack… tapi slingnya berupa tali (mirip tali tambang) yang cukup panjang. ingat saya sih… waktu itu sedang tren lah🙂. berhubung tali yang panjang itu (sekitar 1 meter lebih, untuk masing-masing sling) maka tali sling itu saya ikat agar saya merasa nyaman ketika berkendara.

tanpa sadar… tali ikatan saya ternyata kendor dan lepas. alhasil… dengan suksesnya tali tas langsung menyangkut ke roda belakang… dan saya pun tertarik ke belakang. tapi untungnya (maklum orang jawa…) karena bahan tas berupa kain yang murah (tapi tidak murahan)… putuslah jahitan tas… dan amburadul isinya ke jalan. dan saya pun masih bisa menguasai sepeda motor saya tanpa terjatuh… alhamdulillah!

hikmah yang bisa dipetik adalah…

  1. pastikan ketika berkendara, terutama sepeda motor, atribut yang “menempel” dibadan tidak berpotensi membahayakan diri sendiri, apalagi ke pengguna jalan lain.
  2. lakukan double check untuk memastikan barang bawaan dan komponennya terikat atau terpasang dengan baik.
  3. pegangan 2 tangan ke setir atau setang haruslah mantab dan rileks.

4 thoughts on “selalu double check sebelum berkendara…

  1. wah, bahaya banget itu kalo sampe ikut ketarik..
    dulu teman saya jg pernah ngalamin, pas dibonceng tali sepatunya kebetulan lepas, nyerimpet deh ke sproket belakang motor..😦

  2. yoi sob…
    kebetulan jumat sore kemarin, pas pulang kerja… depan saya persis, pasangan lagi geber tiger, arah ke puncak-bogor, terlihat tali sepatu si boncenger (cewek) lepas… lumayan ngeri juga kalau bayangin sampe kesangkut ke sprocket.
    dah usaha ngejar… buat ngingetin… apa daya vario standar lawan tiger… langsung ngilang gak kekejar lagi. moga-moga saja ndak terjadi apa-apa🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s