raincoat model ponco… berbahayakah?

jas hujan atau raincoat model ponco atau kelelawar kadang memang membuat kita, penggunanya, merasakan hal yang praktis atau simpel… yaitu simpel untuk memakai ataupun melepas ketika cuaca sudah mendukung. tetapi apakah mayoritas pengguna jas hujan model seperti ini aware terhadap tingkat keselamatannya sendiri??? ini yang perlu dicermati.

hampir tiap sore (kalau cuaca sedang hujan), saya melihat berbagai tingkah dari biker yang melintas di jalan raya bogor dengan model raincoatnya masing-masing. kalau model raincoat yang two piece alias separate alias baju dan celana… okelah, saya berasumsi itu adalah model raincoat yang paling aman… karena itu saya memilih model two piece untuk keseharian ketika cuaca sedang hujan.

nah, kalau jenis ponco atau kelelawar… saya pun pernah mempunyai jenis seperti ini. seperti yang saya utarakan di atas… model ini memang praktis penggunaannya. tapi ternyata malah mempunyai tingkat bahaya yang lebih tinggi dibanding model two pieces.

dari beberapa biker yang saya perhatikan, banyak yang sering membiarkan ujung dari raincoatnya melambai-lambai terkena tiupan angin ketika melaju dengan sepeda motornya. okelah kalau memang kondisi sepi… silahkan (meski tidak dianjurkan) melaju dengan kondisi seperti itu. lah kalau kondisi sedang ramai dan kebetulan banyak sekali biker yang sruntulan… atau banyak mobil atau kendaraan semisal truk yang lewat…

monggo dibayangkan kalau ujung raincoatnya itu tersangkut di kendaraan lain yang melintas… bisa dipastikan biker tersebut akan jatuh dan terjengkang ke belakang atau mungkin tertarik kedepan…

so… kalau memang anda lebih nyaman menggunakan raincoat model kelelawar, silahkan saja. tetapi…

  1. mohon dengan sangat untuk memastikan kalau ujung raincoat tidak terlepas dari ikatan dan melambai-lambai.
  2. usahakan raincoat tidak mengembang (ketika tertiup angin) melebihi lebar sepeda motor anda.
  3. usahakan selalu berada di jalur pelan (sebelah kiri).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s