update KDE 4.6.0 ke KDE 4.6.1 OpenSuse 11.4

berhubung sudah bisa online, maka saya mencoba untuk melakukan update KDE 4.6.0 ke KDE 4.6.1. meski saya tergolong newbie… saya nekat melakukan hal itu dengan niatan untuk belajar. kalaupun nanti bermasalah… tindakan tercepat yang terlintas di kepala adalah format dan install ulang🙂

adapun cara-caranya sebagai berikut… (ini saya kutip dari forum opensuse)

masuk ke konsole, sebagai root

su -
  --> (masukkan password)
zypper ar -f http://download.opensuse.org/repositories/KDE:/Release:/46/openSUSE_11.4/ kde46
zypper ref
  --> pilih (a)
zypper dup -r kde46

done!!!

setelah saya restart… ada kejadian yang mungkin tidak saya duga (meski informasi itu ternyata sudah ada di forum opensuse… benar-benar kebodohan!!!)

ketika masuk ke menu login… sampai berapa kalipun kita masukkan login name dan password… tidak akan muncul progress bar untuk masuk ke desktop opensuse. berhubung saya dual boot dengan windows XP… saya cari informasi kenapa setelah update ke KDE 4.6.1, malah tidak bisa login.

ternyata ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki hal ini.

  1. login. pilih session type —> plasma workspace (failsafe) —> login.
  2. logout.
  3. login. pilih session type —> plasma workspace —> login.
  4. restart.
  5. login. pilih session type —> default —> login.

done!!! memang terkesan bertele-tele dan berulang kali login. tapi itu berhasil membuat opensuse 11.4 saya normal kembali🙂 dan hasilnya… KDE 4.6.2!!! what a surprise!!!

8 thoughts on “update KDE 4.6.0 ke KDE 4.6.1 OpenSuse 11.4

  1. Mas bro, judulnya update KDE 4.6.0. ke 4.6.1, tapi hasilnya kok KDE 4.6.2?:mrgreen:
    Saya belajar OpenSUSE dari sini aja..😀
    Keep posting mas bro..

  2. lha wong aku juga bingung… padahal mintanya 4.6.1 lah kok malah jadinya 4.6.2… mbuh wes. yang penting sudah update🙂🙂

    bisa jadi aku masukin perintahnya untuk update yang paling akhir… ya gini ini kalau cuma copy paste di konsole🙂

    wah kalau belajar dari blog ini… salah kamar masbro🙂🙂

  3. kalo OpenSUSE saya gak bisa.. hehe.. makanya baca2 dari pengalaman sobat..😀
    sp tahu nanti saya pgn ganti OpenSUSE jg..
    untuk urusan belajar saya selalu newbie.. (motto dari dulu), hehehe..:mrgreen:
    OpenSUSE kan jg disponsori sama AMD, apa iya emg lebih enak dipake di prosesor AMD?

  4. motto yang bagus sob… ngikut ah🙂

    kalau dipakai di AMD enak atau tidak… mbuh. karena aku punya laptop ya ini thok🙂
    kebetulan aku dari dulu AMD minded.
    entah kenapa kalau beli PC dan juga laptop ini… pasti pilihan pertama AMD.

  5. aku baru ngeh linux mulai munculnya si maverick meerkat bro… so linux pertama yang aku pakai ya si ubuntu 10.10 itu.
    lama kelamaan kok enak… trus coba distro lain deh. dari linuxmint… fedora… mandriva…
    kebetulan nyantol di opensuse. mungkin gara-gara bunglon ijo-nya ini🙂
    inipun status masih belajar… dan terus belajar🙂

    btw… versi LTS emang enak ya bro?? jadi pengen juga🙂

  6. Ehehe.. Soalnya di website OpenSUSE ada logo AMD. Dikirain lebih enak kalo dipakai di prosesor AMD.
    Laptop saya jg AMD, tp puanass..😦

Tinggalkan Balasan

