menggunakan mobile broadband di KDE 4.6 distro OpenSuse 11.4

kalau dari beberapa newbie menemui hal seperti image ini, maka saya pun mengalami hal yang sama. berikut image yang saya capture dari layar laptop saya, ketika saya menggunakan distro linux OpenSuse 11.4 dengan KDE 4.6 -nya.

di window network manager, terlihat tab mobile broadband dalam kondisi abu-abu alias disable. ini menyulitkan saya untuk melakukan instalasi codec-codec multimedia (lihat disini) yang saya perlukan. percuma… kalau kita menghidupkan laptop atau PC, tapi hanya dipakai untuk kerja saja toh… yah, minimal sambil bersenandung ria, entah satu atau dua lagu… saya pikir cukup untuk membantu me-refresh pikiran kita untuk kembali fokus… betul tidak???🙂

kebetulan sebelum saya mencoba distro ini, saya sudah mencoba distro ubuntu 10.10 dan linux mint 10, baik yang GNOME, KDE maupun LXDE. semua distro tersebut, sangat-sangat memudahkan saya menggunakan mobile broadband untuk melakukan instalasi codecs multimedia… terutama linux mint, yang tanpa melakukan instalasi apapun, semua multimedia sudah bisa digunakan.

dari beberapa forum yang saya singgahi, ternyata memang untuk opensuse 11.4 KDE 4.6, ini merupakan kondisi standart… yang bisa dimodifikasi. nah… intinya adalah bisa dimodifikasi!

adanya YaST, sangat memudahkan saya, yang terlalu mouse oriented alias terlalu lama berkutat dengan OS besutan microsoft… untuk melakukan modifikasi ini. berikut step by step yang saya lakukan untuk meng-activate network manager… agar kita bisa menggunakan mobile broadband di openSuse 11.4

buka YaST —> network settings —> global options —> network setup method —> user controlled with network manager —> OK

kemudian akan muncul icon network di taskbar pojok kanan bawah… dekat penunjukkan waktu.

untuk pengecheckan, saya buka network connections lagi… dan tab mobile broadband sudah bisa digunakan🙂

dan modem huawei E220 sudah terdeteksi dengan baik di openSuse 11.4🙂

2 thoughts on “menggunakan mobile broadband di KDE 4.6 distro OpenSuse 11.4

  1. wah….thx bgt mas…newbie jg nih pke open suse 11.4…
    klo blh request code console terminal openSUSE…masih blm tau banyak…

  2. senang kalau bisa ngebantu… tapi maaf beribu maaf mas… saya juga nubitol di linux.
    sering-sering saja main di forum opensuse atau di forum kaskus… pasti dapat informasi banyak🙂

Tinggalkan Balasan

