tahapan mengenal linux

linux ternyata tidak “menyeramkan” seperti apa yang saya bayangkan sebelumnya… tidak sesuai dengan bayangan saya yang terlalu njlimet atau ribet.

OS linux merupakan OS yang keyboard oriented

OS windows group merupakan OS yang mouse oriented

mendengar kata-kata itu, saya jadi berpikir ulang untuk instalasi linux di laptop saya. apalagi kalau mendengar bentuk partisi linux dengan windows sangat-sangat berbeda. apalagi dari software pihak ketiganya.

kita terbiasa main game di windows… yang didukung oleh kartu grafis (VGA card) ter-mutakhir… pastinya mempunyai visualisasi yang bagus dan membuat ketagihan untuk terus bermain. kita terbiasa menggunakan aplikasi office di windows… pastinya mempunyai kemudahan yang hampir tanpa batas dan aplikatif. kita terbiasa menggunakan image editing di windows… pastinya mempunyai kemampuan editing yang mumpuni dan hasil editingnya sangat bagus.

kata kuncinya sebenarnya di kata terbiasa.

semuanya akan menjadi mudah… user friendly… aplikatif… dan lainnya, kalau kita sudah terbiasa. dari yang semula terlihat menyeramkan… sekarang ini, saya malah kecanduan untuk menggunakan linux. ini saya lakukan karena tuntutan untuk membiasakan diri tadi. bukan untuk ikut tren atau gaya-gayaan. bukan itu… tapi hanya membiasakan diri untuk menggunakan.

memang… awalnya saya bingung untuk melakukan instalasi linux… tapi semuanya itu tertolong oleh kemudahan linux distro ubuntu dengan aplikasi wubi-nya. dimana wubi ini akan membantu kita mengenal linux… tanpa melakukan instalasi yang rumit. cukup klik wubi… dan secara otomatis linux distro ubuntu akan terinstall seperti halnya aplikasi under windows.

 

setelah itu… saya mencoba melakukan instalasi murni, tanpa masuk ke windows terlebih dulu. hasilnya… sekarang ini saya sudah mendownload beberapa distro linux, yaitu ubuntu, linuxmint, fedora dan openSuse. dan semuanya sudah saya coba install tanpa masuk ke windows terlebih dulu.

fokus saya sih… lebih ke karakteristik proses instalasinya dulu. setelah mengenal karakteristiknya… baru menginjak ke tahapan berikutnya, yaitu tahapan penggunaan linux untuk keperluan pekerjaan.

4 thoughts on “tahapan mengenal linux

  1. Yup, hanya masalah kebiasaan saja.
    Untuk aktivitas via CLI, menurut saya lebih mudah Linux dibandingkan command promopt di Windows.😀

  2. betul masbro… saat ini saya sedang membiasakan diri untuk menggunakan konsole atau terminal.
    tapi perintah-perintah yang saya masukkan masih copy paste dari tutorial atau forum yang ada saja… yah, sambil belajar sedikit🙂

  3. Kalo menurut saya, jangan copy-paste mas bro, lbh baik diketikin ke terminal.. Biasanya yg kita tuliskan langsung akan lebih diingat. bisa lebih paham jg.. hihi.. kaya’ kita nulis di blog, yg kita tulis sendiri biasanya lebih kita ingat..:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

