install OS windows XP SP3 di toshiba A215 S7437

setelah kemarin bernafsu untuk mencoba linux dengan distro openSuse 11.4 versi 64 bit dan sukses berat…  saya mencoba untuk menginstall OS windows XP di laptop toshiba A215 S7437, sehingga di laptop saya akan terdapat dual OS.

memang sebelumnya, OS yang ada di laptop adalah windows 7 dan linuxmint 10. karena satu hal dan lain hal… HDD terpaksa saya format habis dengan fasilitas Gparted, sehingga mau tidak mau saya harus mengisi lagi dengan OS yang saya perlukan.

secara dasarnya, OS di laptop adalah windows vista home premium. sehingga bawaan drivernya adalah windows vista. tetapi di situs toshiba juga disediakan driver untuk windows 7 (ketika windows 7 di launch). dan karena windows vista yang lumayan boros resource… maka saya beralih ke windows 7.

dan ketika saya mulai berkenalan dengan linux… waktu itu distro ubuntu, saya mulai tertarik untuk menginstall langsung di laptop. dan proses instalasinya so simple… tanpa tetek bengek driver.

nah… yang jadi permasalahan, sebenarnya OS windows XP ini bukan merupakan OS yang “disarankan” oleh pihak pabrikannya untuk digunakan di laptop ini. terbukti tidak adanya driver pendukung yang disediakan secara resmi.

berhubung saya pernah mendownload… dan pernah saya posting (baca disini)… maka saya mencoba untuk menginstall OS windows XP SP3 di laptop saya, bukan windows vista atau windows 7.

kekuatiran saya tentang HDD laptop saya yang masuk ke kategori SATA… ternyata lancar jaya ketika menginstall OS windows XP, tanpa bantuan konverter atau apapun. lancar abis!!! semua driver juga lancar tanpa hambatan ketika diinstall di laptop saya.

tapi dari semua OS yang saya pakai… saya benar-benar tertarik dengan distro openSuse 11.4 dengan KDE-nya. benar-benar menggoda iman untuk menggunakannya terus🙂 mungkin saya akan coba share di artikel berikutnya🙂

6 thoughts on “install OS windows XP SP3 di toshiba A215 S7437

  1. Waw.. Selamat atas kesuksesannya! Memang susah sekali install Win XP di laptop keluaran baru. Kadang harus injeksi driver sata AHCI sampai ke downgrade BIOS yang beresiko tinggi. Hehe..
    Ngomong-ngomong soal KDE, saya juga pakai nih.. Mantap abis!!🙂
    Oiya, sebelumnya, salam kenal..

  2. sebenarnya ini laptop lama sih… dari 2007🙂 jadi malu. btw gak susah sebenarnya kalau mau downgrade. tergantung laptopnya juga kali yah🙂
    KDE… jelas mantab. malah sekarang inginnya full migrasi ke linux saja. dah hampir satu bulan full migrasi ke linux. tapi ada satu hal dan lain hal… akhirnya dual boot lagi
    maklum newbie🙂

    salam kenal juga. terima kasih sudah isi buku tamu disini🙂

  3. Dulu saya nyoba install Win XP di CQ-40 416au, gagal terus.. Hahaha..
    Sekarang full Slackware deh laptop sama PC. Saya juga newbie sob, masih harus belajar banyak ini..😀
    Cuma, pas posting di blog aja saya agak sotoy.. Haha..

  4. wah… kalau baca di blognya sih, masak masih ngaku newbie… itu dah jago masbro🙂
    apalagi slackware… mantab poll.

  5. Dalam belajar saya selalu newbie masbro..🙂 Slackware nggak menakutkan kok.. hehe..
    Cuma butuh sedikit kesabaran ekstra..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s