tarif kereta api eksekutif dan bisnis naik per april 2011… kok bisa?

pernahkah anda-anda ini naik kereta api eksekutif atau bisnis milik PT KAI? dan pernahkan anda-anda ini naik bis eksekutif atau VIP milik beberapa PO yang ada di jakarta? tentunya semuanya dengan tujuan yang sama.

nah… sekarang anggap saja tujuan dari jakarta sama-sama berhenti di madiun.

ketika kita naik KA Gajayana (kelas eksekutif) tarif dari stasiun gambir ke stasiun madiun berkisar 350rb (situs PT KAI), dengan jadual berangkat 1730 wib dan sampai keesokan harinya (tertulis) 0343 wib, meski aktualnya 0400~0430 wib.

dengan harga berkisar itu, kita hanya dapat ucapan terima kasih (karena sudah menggunakan kereta api) dan permohonan maaf (karena pasti telat). hanya itu. untuk makan dan minum… urusan penumpang masing-masing.

tidak percaya…??? monggo dicoba!!! saya sudah kenyang pengalaman seperti itu karena dulu (semester 1, 2008 dan akhir 2010), minimal 3x dalam sebulan saya pasti pulang ke kampung untuk bertemu dengan keluarga kecil saya.

dibandingkan naik bis eksekutif (anggap dari PO kramat djati) seharga 125rb, berangkat dari terminal rawamangun tujuan madiun, berangkat pukul (tertulis) 1600 wib, meski aktualnya 1615~1645 wib,  dan sampai keesokan harinya sekitar 0530~0630 wib.

dengan harga berkisar itu, kita dapat kotak snack (isi 1 roti dan 1 minum gelas) serta fasilitas makan malam di tempat makan tertentu (sekitar pukul 1930~2000 wib. untuk urusan kata terima kasih dan maaf… sejauh pengalaman saya, memang tidak pernah terucap dari awak bus.

dan ketika saya baca di harian tempo (lupa tanggal berapanya…), ada informasi kalau tarif tiket eksekutif dan bisnis PT KAI akan naik sekitar 5~10% mulai bulan april 2011… saya cuma bisa mbatin thok.

dengan harga segitu dengan penumpang yang (terlihat) penuh sesak… kok tetap naikin harga tiket ya? kalau dibandingkan dengan perusahaan PO bus malam, yang tiap kali berangkat belum tentu penuh… kok ya harganya kalaupun naik tidak pernah setinggi PT KAI. tapi dengan kondisi seperti itu saja… PO bus malam tetap survive sampai sekarang. awak bus dan pegawai lainnya bisa tetap berkecukupan.

jadi… dasar kenaikan tarif kereta eksekutif dan bisnis PT KAI itu apa ya? lha wong katanya untungnya sudah bermilyar-milyar rupiah kok… atau apakah sebetulnya PT KAI itu (memang) untung, tapi target pendapatannya meleset ya? padahal kan penumpangnya penuh sesak gitu… apa karena kebanyakan yang naik ternyata adalah penumpang bodong… alias tidak beli tiket dengan harga resmi… alias salam tempel ke kondekturnya?🙂 ah… saya ndak mau menunjukkan disini aktualnya… soalnya saya ndak punya bukti valid. cuma sepengamatan mata memandang saja🙂🙂

so… perihal untung rugi dari masing-masing perusahaan tadi monggo ditelaah… kalau buat saya sih aneh kalau sampai PT KAI menaikkan tarif tiketnya.

2 thoughts on “tarif kereta api eksekutif dan bisnis naik per april 2011… kok bisa?

  1. Jum’at pagi sperti biasa jalan ke cirebon naik kereta cirebon exspress, ada kbr harga tiket mulai bln april bisnis + eksekutif naik 5% -10% . Di depan loket beli tiket eksekutif Rp. 90rb, Biasanya beli harga Rp. 70rb. Lihat di papan pengumuman tiket bisnis naik dari harga Rp. 55 rb jadi Rp. 70rb. Stlah sy hitung kenaikan bukan rentang antara 5%-10% tapi lebih dari 20 %. Mengapa PT. KAI harus bohong dan blm tentu pelayanannya jadi lebih baik. Kasihan donk masyarakat.

  2. ya… begitulah kalau masih monopoli mas bro.
    tapi kalaupun nanti ada perusahaan lain sebagai pengelola KA di indonesia… paling ujung-ujungnya dibuat seperti sistem SPBU di indonesia… pertamina vs shell/petronas/total.
    penjualan premium/solar (subsidi)… analogi ke kelas ekonomi/bisnis… tetap dikelola pertamina.
    penjualan non premium (non subsidi)… analogi ke kelas eksekutif… diperebutkan bersama-sama, yang pastinya dimenangkan oleh pertamina (karena SPBU sudah tersebar luas).

    yah… pintar-pintarnya kita menikmati susahnya saja masbro
    kelus kesah seperti ini gak bakal sampai ke telinga para petinggi😦😦😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s