share tentang penentuan posisi gating system terhadap part casting

diskusi memang sarana tukar wacana yang paling cepat untuk “nyantol” di kepala. dan… itu juga yang saya alami ketika kedatangan rekan kerja dari perusahaan lain yang masih satu induk dengan perusahaan tempat saya bekerja.

sebenarnya sih inti diskusi saya ini sederhana. rekan saya, sebut saja andi… ingin belajar tentang bagaimana mendesain suatu dies yang mampu proses, baik proses manufacture-nya maupun proses injection-nya, secara proses HPDC atau high pressure die casting. sedangkan andi punya kemampuan lebih di bidang CAE atau computer aided engineering-nya di bidang casting (pengecoran logam).

kebetulan, saya punya pengetahuan sedikit lebih banyak tentang cara penentuan gating system dan venting system untuk proses HPDC. sedangkan pengetahuan saya di bidang CAE, saya anggap masih di bawah andi. dan dari berbagai tema yang saya diskusikan atau lebih tepatnya saya share dengan andi, saya memperoleh banyak hal yang sebenarnya ada beberapa yang sudah saya ketahui. tapi tidak ada salahnya kalau saya lebih mendalaminya🙂

salah satunya yang menjadi bahan share saya adalah bagaimana cara menentukan bentuk part inject, yang terdiri dari gating system – part casting – venting system.

sebenarnya cara penentuan layout atau bentuk part inject pada dasarnya adalah menggunakan logika atau lebih tepatnya perkiraan saja. memang secara teoritis perhitungan ada. tetapi itu nanti setelah kita tahu :

  1. posisi part casting di cavity
  2. jarak center sleeve dengan center produk
  3. jarak center sleeve dengan center cavity

kuncinya adalah jarak lintasan terpendek yang ditempuh oleh logam cair ketika didorong masuk ke dies (cetakan). dan juga, bentuk parting line yang memadai juga harus kita pilih juga.

setelah penentuan jarak lintasan terpendek, pastinya posisi center part dengan posisi center sleeve sudah terkondisi secara otomatis. dijamin setelah itu, kita akan bisa menggunakan berbagai teori perhitungan gating system dan venting system yang kita punya.

 

nb :

artikel ini sebenarnya saya tujukan untuk blog berbagi ilmu yang juga saya maintain. tetapi, karena alasan efisiensi waktu, saya gabungkan semua di blog ini.

dan berhubung saya posting di blog ini, maka ulasannya saya buat segamblang mungkin. tapi kalau ada beberapa istilah yang kurang dimengerti… silahkan buka blog berbagi ilmu. disitu sudah ada beberapa pengertian istilah-istilah casting yang cukup mudah dipahami.

6 thoughts on “share tentang penentuan posisi gating system terhadap part casting

  1. Tambah lagi Mas Postingan tentang HPDC-nya….
    Sama mau nanya kalo mau bikin Body HPDC dimana ya?

    Terima kasih,,,

  2. mau yang seperti apa lagi mas sendhie? kan kemarin sudah dikasih semua ilmunya🙂🙂
    kalau masalah order… setahu saya sih, kita cuma order finish good.
    untuk casting bisa ke geteka ( 1ton)
    untuk proses finishnya bisa ke die maker – die maker yang ada lain atau inplant.
    kalau lebih jelasnya…. wani piro???😀😀😀😀

  3. maaf… baru di respon masbro
    wah… kelihatannya rekan dari sebelah ni masbro🙂🙂
    salam buat pak agus ya. beliau lebih jago nih kalau urusan seperti ini🙂🙂
    eh sudah pensiun atau belum yah??? lama euy ndak main kesana🙂

    ane masih cupu juga kok🙂

Tinggalkan Balasan

