alergi laktosa pada bayi

setelah perkembangan berat badan dan pertambahan panjang badan yang cukup menggembirakan (menurut saya sih…), ada sedikit kekuatiran yang muncul dari info DSAnya… yaitu adanya kecenderungan alergi terhadap laktosa. ini ditandai dengan :

  • munculnya (semacam) jerawat di bagian wajah, dan tidak gatal
  • bentuk pup yang cenderung berair (sedikit ampas), seperti diare
  • seringnya buang angin (kentut)
  • perut terlihat kembung dan keras

dan pencetus laktosa ini pun bermacam-macam. ada dari kacang tanah… sea food… coklat… dan susu sapi serta produk olahannya.

ternyata kondisi alergi adik barra mirip seperti kondisi alergi kakaknya, yang alergi susu sapi. tapi bedanya adalah

  • alergi laktosa merupakan ketidakmampuan tubuh untuk mencerna laktosa, atau ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi enzim laktase yang digunakan untuk mencerna laktosa.
  • alergi susu sapi merupakan munculnya respon dari sistem imun tubuh, yang mengakibatkan alergi, terhadap protein susu sapi yang masuk ke dalam tubuh.

kata DSA sih, karena masih kecil dan sistem pencernaannya memang belum sempurna, ada kemungkinan adik barra kekurangan enzim laktase… dan itu masih wajar. lambat laun kondisi seperti ini akan berkurang seiring dengan kemampuan tubuh untuk menghasilkan enzim laktase.

dan kalau masih ASI eksklusif… maka asupan yang masuk ke bundanya yang harus diperhatikan. karena semua asupan yang masuk ke bunda, bakal diberikan ke adik barra melalui ASI tersebut.

semoga saja lambat laun akan normal kembali. karena, dari berbagai site yang saya kunjungi… jelas tertulis disitu kalau alergi laktosa adalah bersifat permanen!!!

wah… harus nanya ke DSA nih. memastikan kondisi seperti ini. tingkat kewaspadaan dari orang tuanya harus seperti apa… tingkat antisipasi dari orang tua harus seperti apa. semoga saja saya dan istri bisa menjaga kondisi adik barra untuk terus berkembang sesuai dengan tahapan umurnya… dan pastinya tetap menjaga kondisinya agar sehat selalu seperti juga kondisi kakak ara… amien!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s