oleh-oleh cerita dari jepang pasca gempa 8.9 SR dan tsunami

alhamdulillah… teman sekantor yang sedang trial di jepang sudah pulang semua tanpa kekurangan suatu apapun. meski akhirnya jadual team berikutnya untuk berangkat ke jepang harus ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

memang tujuan team berikutnya adalah ke tokyo (yang katanya relatif aman dari efek gempa dan tsunami) dilanjutkan ke beberapa daerah di jepang… tapi informasi yang didapat, adalah kondisi transportasi yang terbatas di daerah yang terkena efek gempa dan tsunami. apalagi reaktor nuklir di daerah fukushima sedang bermasalah… ancaman radioaktif dengan tingkat yang membahayakan sewaktu-waktu bisa mengancam apabila tidak terkondisikan dengan baik. sehingga mau tidak mau, harus ditunda sampai kondisi di jepang memungkinkan.

ada beberapa hal yang jadi perhatian teman-teman yang kebetulan mengalami gempa dahsyat 11 maret 2011. meski saat itu ada di suzuka… teman satu bagian menceritakan kalau kondisi di sana, tidaklah seheboh berita yang beredar di indonesia.

beliau melihat betapa warga jepang sudah sangat-sangat siap menghadapi bencana alam yang memang sangat mungkin terjadi di jepang. dari informasi yang diterimanya, hampir tiap semester, selalu diadakan simulasi bencana, yang mau tidak mau membuat semua warganya selalu aware… selalu waspada dan tanggap akan kondisi apapun.

beliau juga melihat, bagaimana tertibnya masyarakat di sana… meski sedang tertimpa bencana, situasi pun masih terkendali. tidak ada yang namanya penjarahan, perampokan atau bahkan hal kriminal lain. meski sedang kesusahan, tetap saja masyarakat jepang yang terkena bencana tetap mengikuti alur… mengikuti aturan yang berlaku.

sebagaimana masyarakatnya… harga-harga bahan pokokpun tidak ada yang mengalami kenaikan. tetap stabil seperti sedia kala. tidak ada orang yangmengambil kesempatan dalam kesempitan… SALUT!!!

jadi malu kalau membandingkan dengan masyarakat kita sendiri… yang pasti saya juga termasuk di dalamnya. yang seringnya tidak mau tertib… yang seringnya mau menang sendiri… yang seringnya suka mengambil kesempatan dari kesempitan yang ada. ah… jadi malu🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s