sepakbola indonesia… prestasi atau gengsi?

kok bisa-bisanya PSSI melarang irfan bachdim dan kim kurniawan membela timnas sepakbola di ajang resmi fifa ya?? hanya karena mereka bermain di liga primer indonesia (LPI) yang notabene dianggap kompetisi ilegal oleh PSSI. padahal mereka (irfan dan kim red.) sebagai WNI mempunyai hak dan kewajiban untuk membela kepentingan bangsa dan negaranya, di bidang olahraga (sepakbola), ketika dipercaya untuk itu… sesuai dengan UU no 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional, terutama pasal 6.

sekarang terlihat kebobrokan mental dari pengurus PSSI sendiri. ketika kemarin di piala AFF 2010, timnas tampil sangat-sangat impresif, meski akhirnya gagal menjadi juara… hampir semua pengurus PSSI kompak mewacanakan bahwa itu adalah buah kesuksesan PSSI menggelar liga yang “profesional” dan memilih pelatih yang berkelas.

oke… untuk pelatih, saya pribadi sepakat kalau alferd riedl merupakan pelatih yang berkelas dan punya karakter disiplin tinggi. tapi untuk liga yang katanya “profesional” ini… OMONG KOSONG!!! profesional kok masih minta jatah APBD??? kasihan rakyat kecil yang butuh dana APBD… mending jatah klub dialokasikan untuk bidang lain (dan ini yang diakomodir oleh LPI… pembebasan jerat APBD untuk klub)

dan yang paling penting adalah… sepakbola adalah hiburan rakyat. saya benar-benar tidak bisa membayangkan, apabila dari sekian banyak pemain yang berlaga di LPI, ternyata ada yang berkualitas… dan masih muda! apa PSSI benar-benar tidak mau memanggil si pemain untuk membela tanah airnya sendiri, hanya karena berlaga di liga yang tidak bernaung di bawah bendera PSSI?

apa PSSI hanya mementingkan egonya untuk mengabaikan bakat-bakat yang muncul di dunia persepakbolaan? apa jadinya kalau nanti bakal muncul chaos… karena keegoisan ini…???

mbok yao dipinggirkan dulu masalah itu… seharusnya kepentingan bangsa dan negara didahulukan. kalau timnas berprestasi, saya yakin akan muncul kebanggaan yang lebih besar dan antusiasme yang lebih menggelora di dada masing-masing rakyat indonesia.

betul tidak…?

2 thoughts on “sepakbola indonesia… prestasi atau gengsi?

  1. seharusnya dana APBD untuk membuat lapangan hijau yg bagus (misalnya lapangan menggunakan rumput sintestis) dan membuat kompetisi pemain muda tingkat lokal/daerah

    Atau juga untuk pembinaan olah raga secara umum, bukan untuk klub bola di ISL, yang kompetisinya ga profesional

  2. sepakat!!!
    alokasi APBD harusnya lari ke KONI. dan itu digunakan untuk kepentingan semua cabang yang bernaung di KONI, termasuk didalamnya PSSI.
    eh… yang katanya liga super malah “nggembosi” APBD… buat bayar gaji-gaji pemain asing yang ternyata juga secara kualitas tidak beda jauh dengan pemain lokal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s