“berkenalan” dengan ubuntu v10.10 melalui live CD

setelah berhari-hari mencari informasi… entah lewat browse dunia maya, diskusi dengan teman IT bahkan cari majalah-majalah IT… akhirnya saya memantabkan hati untuk menginstall linux OS dengan distro ubuntu v10.10 di laptop toshiba sattelite A215 S7437.

eeiit… tapi bukan fresh install yah. jujur saya belum familiar dengan OS open source ini. dari smp, saya sudah direcoki kebesaran nama microsoft. jadinya yah… kagok lah kalau langsung pindah OS🙂

nah… disinilah kejelian pengembang distro linux ini (fyi, semua distro linux pasti ada live CD). dari file ISO yang saya download, setelah diburn ke CD… CD ini bisa digunakan sebagai live CD. dalam artian tanpa diinstall, kita bisa langsung mencoba menggunakan ubuntu v10.10.

cukup masukkan CD ke laptop dan restart. sebelum masuk ke proses booting, tekan F2 untuk masuk ke setting bios atau tekan tombol … (lupa euy…) untuk pilihan booting. intinya sih… pilih booting dari drive CD/DVD.

tanpa basa basi… langsung, masuk ke live CD dan akan muncul tampilan dekstop ubuntu, lengkap dengan semua yang akan kita dapatkan kalau menginstall secara penuh.

 

tujuan live CD ini memang memudahkan kita untuk mengenal lebih jauh distro ini alias agar lebih familiar. kan pepatah bilang… “tak kenal maka tak sayang”. minimal kita tahu bagaimana cara setting display… mengetahui program-program yang include dalam instalasi… mengetahui program-program yang bisa install setelahnya… dan masih banyak lagi.

sebagai pribadi yang lama menggunakan OS windows, pastinya akan sangat-sangat kagok. wajarlah. pengalaman pertama memang sangat membingungkan. tapi setelah itu… sambil merem pun kita gak bakal kesasar kan🙂

so… mulai hari ini, saya mau lebih intens berkenalan dengan distro ini. sementara ini distro ubuntu. distro lain… nanti saja🙂

3 thoughts on ““berkenalan” dengan ubuntu v10.10 melalui live CD

  1. udah tuh… mantabs gan! tapi masih dual boot sih🙂
    soalnya masih ada beberapa program yang gak jalan di ubuntu…

  2. Ping-balik: dual boot, ubuntu v10.10 dan windows 7 | blog-nya diviarsa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s