tombol hand brake avanza non vvti pecah…

komponen yang satu ini memang seringkali tidak terpikirkan. bahkan sering dianggap sepele. lha wong cuman dipencet-pencet terus🙂

yup… pasti banyak yang tidak terpikir tentang tombol atau knop hand brake. itu tuh… pentolan yang ada di ujung hand brake. yang baru dipakai kalau hand brake mau dimatikan… dengan cara, tuas hand brake ditarik dulu, baru itu tombol dipencet. nah coba kalau ternyata tombolnya itu rusak… patah… pecah…:?! kira-kira pusing atau tidak?

kok ya kebetulan kejadian itu jadi rejeki saya. lagi enak-enaknya parkir, begitu mau jalan, itu tombol dipencet… langsung mencelat kena dashboard mobil. alhamdulillah tidak kena kaca depan. lumayan loh om… kalau kena kaca depan. yah… minimal mental lagi dan bisa kena kepala kita. kalau sampai kaca depan pecah atau retak, mungkin tidaklah🙂

karena fungsinya yang sangat vital, hari itu juga saya mencari spare part penggantinya. dari toko onderdil biasa sampai yang jual genuine part untuk avanza… ternyata di daerah bogor tidak menyediakan. dari sekian banyak toko itu, rata-rata menyarankan untuk mencari langsung ke auto2000.

sampai di auto2000 yasmin, bogor, langsung ke bagian spare part. setelah tanya-tanya ke staff yang ada… dengan santai, malah balik ditanya.

“avanza tahun berapa pak? pasti sebelum vvti ya? sudah banyak kok pak yang ngalami kayak gitu… sudah biasa pak. apalagi itu produk kolaborasi dengan daihatsu pak… jadi ya wajar kalau sering masalah.”

“kalau bapak mau beli hanya tombolnya saja tidak bisa pak. harus satu set dengan hand brakenya. harga plus ongkos pasang kira-kira 400rb pak.”

wuihhh!!! gilee bener! mahal amat nyak! tapi yang bikin kaget adalah informasi tadi.  memangnya tidak ada QC built in process yah? padahal toyota terkenal dengan sistemnya yang sangat ketat. harusnya tidak ada perbedaan antara avanza versi vvti dan non vvti. kalaupun itu memang improvement, kenapa produksi 2005 masih bermasalah. padahal avanza sudah ada dari tahun 2004. baru nongol yang vvti setahun kemudian.

okelah, secara umur memang mobil saya sudah lima tahun lebih. tapi, kijang kapsul tahun 2000 punya adik… kijang tahun 1992 punya bapak… semuanya tidak masalah. masa ini yang baru tahun 2005 saja sudah bermasalah?

terus kalau memang buatan daihatsu bermasalah… kenapa itu taruna 2003 milik teman sekantor… ceria milik teman kuliah saya… juga tidak masalah.

wes mbuh lah… daripada pusing-pusing. begitu sampai rumah, itu gagang sapu saya potong sekitar 3-4cm. berhubung diameter gagang sapu lebih besar daripada tombol hand brake, dimulailah proses kreatif dengan memainkan cutter dan amplas🙂 berhubung tidak punya bor… lubang untuk ulir, coba dibentuk dengan paku.

setelah selesai.. langsung dicoba pasang ke hand brake… alhamdulillah. ternyata bisa.  meski sering lepas sih. karena yang masuk hanya sekitar 3mm. tapi lumayanlah buat kondisi darurat🙂

selain dari gagang sapu, saya nemu lagi alternatif pengganti tombol, yaitu pegangan lemari yang terbuat dari besi!😀 meski lubang ulirnya tidak cocok… beda pitchnya, tapi secara diameter luar, sangat pas. langsung saya coba… ternyata hanya bisa masuk sekitar 1mm saja. tapi lebih kokoh dari gagang kayu. akhirnya saya coba menggunakan pegangan lemari ini.

alternatif lainnya, saya pakai isi dari lem tembak. kebetulan isi lem tembak ukuran besar, punya diameter yang pas dengan kebutuhan saya. so… langsung saja saya potong, dan saya lubangi dengan sekrup. alhasil… ada sisa lem yang nempel di ulir hand brake ketika dilepas. jadi saya buang alternatif ini.

di kantorpun, saya cerita ke teman-teman. kira-kira ada yang punya kenalan bengkel atau toko spare part second, kali-kali aja ada yang punya dan mau jual hanya tombolnya saja🙂

akhirnya diberi saran untuk coba cari ke atrium senen. ke pusat onderdil mobil di daerah senen. setelah dapat waktu yang pas untuk ke atrium… langsung tanya-tanya. eh, kok alhamdulillah ada yang jual tombolnya saja! meski harganya rp. 40rb, tapi karena butuh banget… ya hajar bleh!!! yang penting hand brake mobil berfungsi normal lagi🙂

begitu dipasang… ternyata terlalu panjang dibanding versi aslinya. tapi yo wes lah. gak popo. yang penting masih terlihat bagus daripada gagang sapu atau pegangan lemari😀😀

3 thoughts on “tombol hand brake avanza non vvti pecah…

  1. hai..gan…punya gw juga patah..gw..mohon..bantuannya untuk di carikan tombol trsbt.. di tunggu kontak sy dari email trims…

  2. silahkan lihat di images yang ada diatas bro. dari nota yang ada, mungkin bro bisa kontak ke toko yang menjualnya…

    maaf… saya tidak bisa membantu untuk sementara ini, berhubung kehadiran buah hati kedua yang sulit ditinggalkan barang sedetikpun🙂🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s