kalau tempat kerja dipindah lebih jauh…

baru saja dapat kabar buruk, menurut pribadi saya…😦 mulai awal 2013, atau 2 tahun lagi, kantor akan dipindah ke kawasan industri MM2100 di cikarang, bekasi. benar-benar suatu berita buruk!

lah… rumah ada di bogor… tempat kerja ada di cikarang… bagaimana transportasinya ya? memang bisa sih, tapi itu harus dengan upaya ekstra… dengan berbagai macam konsekuensi yang pastinya muncul.

  • secara jarak tempuh. dibanding bogor-jakarta (pulogadung), tentunya bogor-cikarang menambah jarak tempuh perjalanan saya. kalau sebelumnya ±60km, akan menjadi ±75km.
  • secara waktu tempuh. memang belum tentu waktu tempuh ini bertambah. bisa jadi malah berkurang. secara, akses langsung dari bogor ke cikarang, sudah lebih mudah dengan adanya JORR. jadi rute berubah dari jagorawi-tol dalam kota-pulogadung menjadi jagorawi-cikunir-cikampek (exit kawasan industri MM2100). tetapi kondisi macet di tol kadang malah lebih susah diprediksi. ini yang dikuatirkan.
  • secara biaya. kalau yang ini pasti naik. sesuai perhitungan, biaya transportasi bakal naik 200%. itu dengan asumsi menggunakan kendaraan umum. lah kalau menggunakan kendaraan pribadi… bisa dipastikan bakal lebih dari 200%.
  • secara kendaraan transportasi. kalau dulu ada alternatif selain bis adalah sepeda motor, mobil pribadi dan kereta. maka nantinya hanya ada dua pilihan transportasi, yaitu bis umum dan mobil pribadi. memang bisa sih naik sepeda motor, tapi dengan resiko rute yang lumayan mbulet (via cibubur-gunung putri) dan jarak tempuh yang bertambah jauh.

tapi… yah itulah resiko sebagai karyawan. nanti deh, kalau sudah jadi boss. pasti aku pilih tempat kerja yang dekat sama rumah🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s