perkembangan anak menjelang usia 3 tahun

perubahan demi perubahan terjadi pada perilaku si kecil. menjelang usia ke 3 tahun awal tahun depan, banyak sekali perubahan perilaku yang muncul tiap harinya. beberapa memang wajar, karena perkembangan usia, tetapi beberapa kok terkesan mekso (menurut saya sih…).

1. manja

apa ini hubungannya dengan posisinya sudah berubah menjadi calon kakak? berhubung kandungan istri sudah menginjak 5.5 bulan, si kecil konsisten untuk terus diajarkan kalau akan punya adik.

mungkin disinilah sifat manjanya muncul. entah ada hubungannya atau tidak. tapi kenyataan yang ada seperti itu. tidak biasanya si kecil suka merajuk manja. tidur selalu inginnya sendiri… tapi akhir-akhir ini, seringnya minta ditemani.

2. mandiri dan bertanggung jawab

apa-apa sekarang harus dikerjakan sendiri. habis mandi, selalu menolak baju yang disiapkan oleh bunda-nya. “gak mau…! ara mau yang mickey mouse!”.

kalau sedang ingin sesuatu, pastinya dia akan merajuk. tapi demi mendapat apa yang diminta, si kecil pasti menuruti permintaan ayahbunda-nya ini. yah… kecuali kalau lagi bad mood sih🙂 terlebih kalau habis ngompol… itu sprei pasti ditarik-tarik dan inginnya dijemur sendiri. malu kali yah…🙂

3. selalu ingin terlibat dalam setiap kegiatan

waktu kemarin mau pasang tempat tidurnya, si kecil maksa mau ikut ngangkat papan kayu untuk tempat tidur. akhirnya, si kecil dengan suksesnya berteriak menangis karena dilarang🙂 waktu sedang membetulkan kipas angin, si kecil dengan suksesnya malah mengacaukan semuanya🙂 apalagi kalau melihat saya sedang mengurus tanaman, yang ada malah dianggapnya  mainan baru… yakni mainan tanah🙂

4. rasa ingin tahu yang semakin besar

itu apa ayah… kenapa begitu bunda… ini apa sih?🙂 kenapa lampu merah kok berhenti… kenapa kok mobilnya kotor… kenapa… kenapa… kenapa…? itu pertanyaan-pertanyaan yang selalu terlontar dari mulutnya. dari hal sepele… sampai hal tersulit yang sering ditanyakannya🙂 pusing jawabnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s