aduh mas… nyiprat ini loh!

sebagai sesama biker, saya sering jengkel dengan ulah biker-biker lain. yang ada dipikiran sih… padahal kan sama-sama pengguna jalan… sama-sama bayar pajak motor kendaraan… tapi kok kelakuannya bisa beda-beda ya.

kalau ngomong masalah perilaku berkendara, saya cenderung no comment alias tutup mulut. kuatirnya saya sendiri juga seperti itu kalau lagi berangasan😀 tapi kalau ngomong masalah fisik motornya itu sendiri… nah, kalau yang ini saya bakal komentar paling pedas sekalipun!

tiap kali pulang kerja, yang kebetulan seringnya hujan deras, yang pastinya kondisi jalan itu banyak genangan air, motor pada sliweran tanpa memperhatikan keselamatan pengguna lain. memang wajar, siapa sih yang ingin kehujanan… siapa sih yang mau pulang telat ke rumah. pasti semuanya ingin cepat dan tepat sampai rumah.

saya juga setuju. tapi mbok yao diperhatikan kalau lagi berkendara itu. terutama kondisi fisik motornya. padahal sudah tahu, ini cuaca sedang “kacau”. sering hujan lah… cuma mendung lah… kadang panas lah… atau angin kenceng lah…

coba perhatikan ilustrasi berikut ini. dan ini sering saya jumpai dan alami di perjalanan pergi pulang dari ke kantor tiap hari kerja. bahkan di weekend sekalipun. dan yang paling membuat jengkel adalah kalau kondisi sedang becek atau sehabis hujan. tanpa adanya spakbor belakang atau bahasa gaulnya rear fender, itu air cipratan dari ban belakang pasti terjun bebas ke biker atau pengendara lain yang ada dibelakangnya atau bahkan kena ke boncengernya sendiri.

terus, yang rugi siapa dong… yang kotor siapa dong? iya kalau kondisi biker belakangnya sedang memakai baju siap tempur… lha kalau cuma jaket atau baju plus celana biasa seperti biasa pulang kerja, kan jadinya malah merepotkan orang lain.

apalagi kalau kaca helm jadi ikutan kotor. pandangan jadi terhalang toh… ujung-ujungnya malah safety berkurang.

motor kotor sih biasa, tinggal dicuci saja, bayar orang di cucian motor. lha kalau baju dan celana kotor apalagi kena noda titik-titik cipratan ban belakang… susah bersihinnya boss! kasihan istri kalau nyuci (kalau tidak ada pembantu)🙂

yah… ini sih cuma curahan hati saya saja. kan tidak ada salahnya kondisi motor itu dikembalikan ke kondisi pabrikan, minimal bentuk fisik atau fungsi fisiknya tetap dipertahankan. kan tidak merugikan orang lain.

memang, secara fisik, kalau rear fender dilepas, akan terlihat lebih racy… lebih gaul… tapi ya jangan sampai kebablasan. coba kalau seperti ilustrasi ini. secara fisik memang kecil, tetapi secara fungsi… pasti membantu banget gan! setuju kan?

One thought on “aduh mas… nyiprat ini loh!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s