impresi garmin mobile xt di samsung c6625 valencia

aplikasi garmin xt benar-benar membantu dalam perjalanan. itulah impresi saya setelah meng-install di hp samsung c6625 (klik di sini). persis di hari rabu kemarin, saya baru merasakan enaknya punya GPS.

hari rabu, 04 agustus 2010 kemarin, saya mendapat tugas untuk mengikuti seminar di seputaran mangga dua, dari pukul 0930 sampai 1700. untuk lokasi seminar, saya sudah familiar, karena dahulu sering “berkunjung” ke dusit mangga dua untuk membeli beberapa hardware atau software untuk keperluan PC saya.

yang menjadi permasalahan adalah saya berencana melakukan perjalanan dari bogor (rumah) ke mangga dua (hotel le grandur – tempat seminar) melalui perjalanan KRL. rutenya adalah stasiun cilebut ke stasiun kota (beos). untuk stasiun kota, saya yakin tidak ada masalah tentang lokasi maupun acuan posisinya. nah.. untuk stasiun cilebut inilah yang menjadi masalah. berhubung saya bukanlah seorang roker (rombongan kereta), dipastikan saya tidak mengetahui acuan tentang stasiun cilebut ini, terutama di waktu malam hari.

ketika berangkat paginya, saya sengaja memilih naik KRL pakuan ekspress. dengan harapan kalau KRL ini agak sepi dan saya bisa memperhatikan kondisi atau lingkungan yang bisa menjadi acuan saya ketika kereta berada di sekitar stasiun cilebut. memang saya bisa mendapat acuan-acuan atau tanda-tanda tentang stasiun cilebut ini, tapi itu di kondisi pagi atau kondisi terang. lha kalau malam bagaimana nih?

langsung saya teringat akan aplikasi garmin xt di hp samsung c6625 ini. “ah… pasti beres lah. gak usah ragu. ini software pasti mantab deh”. itu yang terlintas di kepala. so.. dengan yakin, saya menuju ke stasiun kota dan mengikuti seminar di hotel le grandeur, mangga dua.

begitu seminar selesai, waktu menunjukkan pukul 1615. wah… ternyata lebih cepat dari jadual. dengan terburu-buru saya keluar dari hotel dan menuju ke stasiun kota. sampai di stasiun pukul 1630, ternyata jadual KRL pakuan ekspress berangkat pukul 1643. keruan tiket langsung dibeli dan lari menuju ke jalur KRL. setelah KRL datang, ternyata kondisinya sudah separuh penuh penumpang, yang mungkin naik dari stasiun gambir atau stasiun juanda. langsung saja naik dan karena tempat duduk sudah penuh, inisiatif langsung mengambil tempat dekat pintu dengan posisi yang “view”-nya bagus. hp samsung c6625 dikeluarkan, aplikasi garmin xt dibuka, atur tujuan akhir, headset dipasang, dan saya pun melanjutkan menikmati “view” yang ada🙂

setiap melewati stasiun yang ada, saya melirik ke layar hp. sambil ikut nge-browse peta, saya memperhatikan lokasi POI (poin of interest) yang ada di map hasil download dari navigasi.net. ternyata sangat informatif dan lengkap. mau lokasi SPBU terdekat… ada. mau lokasi masjid terdekat… ada. mau lokasi bengkel resmi kendaraan bermotor terdekat… ada. benar-benar mantab deh.

dari map itu juga, saya bisa menghapal urutan-urutan stasiun yang dilewati oleh KRL, dimana kondisi ini tidak mungkin saya hapalkan, karena status saya yang bukan seorang roker. setelah perjalanan menempuh sekitar 1jam, stasiun demi stasiun sudah terlewati tinggal stasiun bojong gede dan berikutnya adalah stasiun cilebut.

langsung aplikasi garmin saya sudahi, dan membereskan headset. dan tidak lama kemudian, setelah stasiun bojong gede terlewati, beberapa penumpang mulai berdiri, menandakan stasiun cilebut memang sudah dekat. dan tidak sampai hitungan menit ke-5, KRL sudah sampai di stasiun cilebut. begitu pintu terbuka, langsung melangkah keluar stasiun, menuju ke tempat penitipan motor. dan berangkat pulang ke rumah dengan aplikasi garmin saya setting lagi dengan tujuan akhir adalah rumah.