curhat… blighted ovum

“mbak, pas kemarin di USG, dah keliatan detak jantungnya belom…?” itu pertanyaan dari salah satu tetangga kepada istri saya pada hari minggu yang cerah. kebetulan usia kandungan tetangga juga hampir sama seperti usia kehamilan istri, yaitu sekitar 8-9 minggu.

“sudah ada kok mbak. persis usia 8minggu, pas kemarin USG, dah keliatan kok detak jantungnya. ada yang berdenyut-denyut gitu. memangnya ada apa mbak…?” balas istri.

“cuman tanya aja mbak. soalnya kok ketika aku di USG kemarin, belom terlihat detak jantungnya… makanya aku jadi bingung. apalagi sebelumnya keluar flek-flek gitu. rencana hari ini mau periksa ke dokter SPOG lainnya. yah… cari second opinion lah.” jawab tetangga.

dan kemarin malam, istri mendapat kabar dari tetangga kalau ternyata dia divonis mengalami blighted ovum atau yang sering disebut kehamilan kosong dan sering juga dikatakan sebagai janin yang tidak berkembang. dan rencana hari rabu atau kamis ini, akan dilakukan kuretase untuk mengambil blighted ovumnya itu.

dari apa yang saya baca, memang blighted ovum ini bisa keluar dengan sendirinya atau spontan, yang dikarenakan penolakan oleh tubuh secara alami. tetapi untuk memastikan kondisi rahim sudah bersih atau belum, memang bisa dilakukan proses kuretase.

akhirnya saya dan istri hanya bisa turut berduka atas musibah yang menimpa tetangga dan berdoa kelancaran proses kuretase-nya itu. semoga lancar dan segera diberikan penggantinya. amien.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s