do and dont’s during pregnancy

do and don’t during pregnancy, artikel mengenai hal itu yang, akhir-akhir ini, menjadi buruan saya di dunia maya ini. berhubung kondisi istri yang sedang hamil, meski anak kedua, saya tetap kurang percaya diri dalam menghadapi dan mendampingi istri selama kehamilannya ini. dan puncaknya, setelah searching dan membaca beberapa artikel tentang hal itu, malah jadi gak percaya diri. ternyata ada beberapa hal yang seharusnya dilakukan oleh istri saya, malah kurang mendapat dukungan dari suaminya ini😦

seperti misalnya aktifitas fisik. berhubung pekerjaan istri yang memilih sebagai ibu rumah tangga, pastinya kegiatan fisik yang ada dirumah dihandle semua. dan itulah yang sering saya larang. entah itu mencuci, setrika baju, bersih-bersih rumah dan lain-lainnya. kalau ada yang berpendapat kegiatan semacam itu tidaklah berat, monggo dicoba. berat banget bro…

so, berikut ini artikel mengenai do and don’t during pregnancy yang saya ambil dari sumbernya dan saya sesuaikan dengan pemahaman pribadi tanpa bertujuan mengurangi isi dan arti sebenarnya🙂

hal-hal yang perlu dilakukan selama kehamilan (should and must do during pregnancy)

  1. konsultasi dengan dokter kandungan secara rutin.  pengalaman adalah guru terbaik. meski ini bukan kehamilan pertama, biasanya tiap periode kehamilan mempunyai karakter sendiri-sendiri. so… serahkan pada ahlinya apabila kita menemui permasalahan-permasalahan tentang kehamilan ini.
  2. konsumsi asam folat (folic acid) selama masa kehamilan. asam folat adalah sadalah salah satu vitamin B yang diperlukan tubuh untuk pembentukan sel baru. apabila seseorang wanita hamil kurang memenuhi nilai konsumsi asam folat per harinya, sekitar 400-800 mg, akan memunculkan resiko NDTs (neural tube defects) pada calon bayinya yaitu terjadinya gangguan otak dan tulang belakang pada bayi.
  3. konsumsi berbagai macam makanan sehat, terutama buah, sayuran, dan berbagai makanan yang mengandung kalsium dan zat besi yang tinggi. makanan dengan kandungan serat tinggi juga akan bermanfaat bagi kehamilan.
  4. jaga kondisi cairan tubuh. dalam artian, minum minuman, terutama air putih, merupakan cara terampuh untuk menjaga tubuh kita supaya terhindar dari dehidrasi. selain air putih, jus buah juga sangat bermanfaat. secara bentuknya yang merupakan cairan. secara kandungan gizi dan vitaminnya yang merupakan buah.
  5. lakukan kegiatan fisik yang mendukung kehamilan. sesuaikan kegiatan fisik dengan saran atau anjuran dokter.
  6. konsumsi susu rendah lemak. hal ini dilakukan untuk menjaga asupan kalsium dan menjaga berat badan agar supaya tetap ideal, sesuai dengan usia kehamilan.
  7. kunjungi dokter gigi secara rutin. kesehatan gigi merupakan isu utama, selain kandungan itu sendiri. dikarenakan, asupan gizi dan vitamin, terutama kalsium, tersedot ke pertumbuhan dan perkembangan janin.

hal-hal yang perlu dihindari selama kehamilan (shouldn’t and must not do during pregnancy)

  1. merokok selama kehamilan. hal akan membuat nikotin dan penyebab kanker lain akan terserap oleh janin. apabila ini berlangsung secara rutin, silahkan dibayangkan efeknya untuk janinnya. dan yang perlu diperhatikan untuk para suami adalah, perokok pasif juga akan mempunyai resiko yang sama apabila dibandingkan dengan perokok aktif (wanita hamil) itu sendiri.
  2. hindari makan makanan yang belum matang atau setengah matang, terutama daging dan ikan laut. kandungan mercury atau bahan lain yang membahayakan janin, dipastikan terdapat dalam makanan belum matang atau setengah matang itu.
  3. hindari minuman beralkohol. memang tidak ada ketentuan batas maksimal minuman beralkohol yang boleh dikonsumsi oleh wanita hamil, tetapi tidak ada salahnya kalau hal ini dihindari.
  4. hindari zat-zat kimia yang beracun atau berbahaya bagi kesehatan kandungan, seperti pestisida dan thinner cat.
  5. hindari minum obat yang tidak direkomendasikan oleh dokter. se-sepele apapun penyakit yang ada, selalu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan.
  6. hindari kontak dengan kucing liar dan tikus, terutama kotorannya. resiko terkena toxoplasma sangatlah besar apabila terjadi kontak langsung dengan kucing liar atau tikus, terutama kotorannya. apakah hal ini berlaku untuk binatang peliharaan? tergantung dari kita sebagai majikannya. apabila kita bisa menjamin kondisi kesehatan kucing tersebut, maka hal itu tidaklah masalah.
  7. hindari x-ray. konsultasikan ke dokter kandungan mengani hal ini.
  8. hindari penggunaan cairan antiseptic untuk daerah kewanitaan. karena hal ini malah meningkatkan resiko terjadinya iritasi dan infeksi di daerah ini.
  9. hindari pemakaian sauna dan mandi dengan air panas. suhu lingkungan yang tinggi meningkatkan resiko untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.
  10. hindari stress dan penyebab stress.

3 thoughts on “do and dont’s during pregnancy

  1. sayuran berdaun seperti bayam, lobak cina, kacang kering dan kacang polong, sereal, biji bunga matahari serta buah-buahan dan sayuran tertentu adalah sumber yang kaya akan folat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s