curhat… pelajaran hidup agar selalu mensyukuri rejeki-Nya

ketika saya pulang dari kantor, diperempatan jalan menuju jalan baru (sholeh iskandar) kota bogor… sekilas, terlihat senyum puas dan wajah yang menunjukkan kebahagiaan dari seorang pedagang asongan yang sedang menghitung uang hasil berjualan sepanjang hari. dengan senangnya, dia menghitung uang yang, kalau saya perhatikan, kurang dari rp 20.000.

tapi apa yang saya lihat ini benar-benar memberikan pelajaran hidup yang sangat berarti buat saya pribadi. betapa uang yang “hanya” rp 20.000 mempunyai makna yang sangat besar untuk seseorang. membuat beliaunya menjadi bahagia, yang bisa jadi mengalahkan rasa kebahagiaan seorang pengantin baru🙂

betapa saya mengeluarkan uang sebesar itu untuk ongkos perjalanan mencari nafkah untuk keluarga, sedangkan orang lain (sang pedagang asongan) mendapat uang yang mungkin kurang dari nominal rp 20.000 tiap harinya. memang, saya tidak mensia-siakan uang sebesar itu untuk “berfoya-foya”. dan dengan uang sebesar itu saya bisa, alhamdulillah mencari rejeki dengan bekerja di salah satu perusahaan di jakarta, demi keluarga saya.

yang ingin saya tekankan adalah roman muka atau perasaan bahagia yang, kadang-kadang, tidak bisa saya munculkan ketika saya menerima entah itu slip gaji saya atau rejeki yang lainnya. betapa seringnya saya mengeluh melihat jumlah potongan yang membebani pendapatan saya setiap bulannya, meski potongan itu merupakan hasil ikhtiar saya untuk menghidupi keluarga saya sendiri.

apa ini yang dinamakan perasaan yang kurang bersyukur atas rejeki yang diperoleh? astagfirullah!!! istighfar… istighfar… semoga saya termasuk orang-orang yang bersyukur. amien🙂

dan terima kasih, siapapun bapak, karena telah menambah cahaya yang saya miliki di relung kalbu saya ini.

Tinggalkan Balasan

