this copy of windows is not genuine… terus?

beberapa hari kemarin, teman saya mengeluh gara-gara ketika booting windows 7 -nya, terdapat pesan seperti ini. sebenarnya ini tidak akan terjadi kalau windows 7 yang dipakai adalah windows 7 resmi alias bukan bajakan. dan hal seperti ini bukan hanya dialami oleh bajakan untuk windows 7, tetapi windows xp dan vista pun mengalami hal serupa.

dan tidak hanya satu atau dua orang, lebih dari tiga orang yang mengalami hal tersebut. setelah ditelusuri apa kesamaan dari teman-teman saya itu, adalah fitur auto update tiap kali terhubung ke internet dan frekuensi online yang cukup tinggi.

jadi dengan frekuensi terhubung ke internet yang cukup tinggi, plus fitur auto update, maka dengan mudah pihak microsoft mendetect apakah operating system (OS) yang dipakai adalah OS resmi atau bukan. kalau tenyata OS-nya adalah OS bajakan, maka peringatan seperti image di samping ini akan muncul. inilah yang dinamakan pesan Windows Genuine Advantage (WGA).

sebenarnya WGA ini hanya berupa “peringatan” saja. karena secara fungsi dasar, OS anda masih bisa digunakan dengan baik. “hanya” fitur update windows, instalasi program dari microsoft, instalasi program pihak ketiga dan, yang paling mengganggu adalah,  setting background tidak bisa dilakukan lagi.😦

jadi, background atau wallpaper OS anda hanya akan berwarna hitam dan terdapat tulisan seperti image diatas. sangat mengganggu kan.

ada beberapa cara untuk menghindari hal ini.

  1. install ulang OS anda. untuk memastikan, format drive dimana OS terinstall dan lakukan instalasi ulang ditempat yang sama.
  2. matikan fitur auto update ketika online. caranya lihat di control panel/automatic updates, pilih turn off automatic updates.
  3. hindari koneksi ke internet.

tetapi, saya yakin, opsi ketiga akan sulit dilakukan. secara hal ini sudah menjadi “menu wajib” untuk saat ini.

berikut ini ada cara untuk menghilangkan peringatan WGA tersebut. tidak hanya menghilangkan, tetapi juga dapat mengembalikan fitur-fitur yang diblok ketika WGA ini masih ada, kecuali fitur update window. hanya ini yang belum bisa diaktifkan lagi.

untuk lebih jelasnya, silahkan klik di sini.

selamat mencoba.

4 thoughts on “this copy of windows is not genuine… terus?

  1. Ketauan kalo bajakan hehehehehe😀 ada update an windows yang berfungsi untuk mendeteksi aktivasi palsu melalui software aktivasi macam uloader, dll. bisa juga pake removeWAT untuk mengatasinya🙂

  2. hahaha… yah kalau pakai bajakan mendingan fitur auto update di hilangkan saja. biar aman. meski sebenarnya juga ndak terlalu mengganggu secara fungsi dari PC/laptop nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s