konsep high pressure die casting

setelah memilih HPDC sebagai proses produksi yang digunakan. selanjutnya adalah mengenal dan mempelajari bagaimana proses HPDC itu sendiri. betul kan? yah, kalau tidak bisa mempelajari, minimal mengenal dulu-lah. sesuai kata pepatah, tak kenal maka tak sayang🙂

HPDC, singkatan dari High Pressure Die Casting, yang artinya secara harfiah adalah proses pengecoran (casting) dengan memanfaatkan atau menggunakan tekanan (pressure) yang tinggi (high) pada saat pengisian logam cair ke dalam cetakan (die) -nya.

pasti sudah paham kan, kenapa dinamakan HPDC alias High Pressure Die Casting? kalau ingin lebih dalam pemahamannya, silahkan dilanjutkan membaca artikel ini yah🙂

proses HPDC pada prinsipnya merupakan suatu proses yang sangat sederhana (klik di sini). hanya berupa proses memasukkan cairan logam ke dalam cetakannya dan menunggu sampai cairan itu membeku, untuk mengambil hasil prosesnya. simple kan? kalau anda tidak setuju, silahkan saja🙂 karena anda juga benar. bahwa HPDC memang tidaklah semudah seperti penjelasan saya sebelumnya.

terlalu banyak parameter yang harus di-maintain dan dikoreksi tiap saat. salah satunya adalah temperature atau suhu logam cair. bagitu suhu logam cair yang ada di holding furnace turun dibawah ambang batas minimal, maka bisa dipastikan banyak defect atau cacat yang terdapat di produk hasil casting.

pada prinsipnya, dalam proses HPDC terdapat 3 poin dasar yang mempengaruhi proses, dari awal (ingote) sampai produk akhir (blank casting)

  1. karakteristik produk casting sangat diditentukan oleh parameter suhu yang ditentukan sebelumnya, baik suhu logam cair dan suhu cetakan sebelum dan sesudah proses berjalan.
  2. penggunaan die sleeve dan plunger sleeve, yang berfungsi sebagai fasilitator logam cair untuk masuk ke dalam cetakan. tanpa adanya komponen ini, maka tidak akan pernah terjadi proses pengisian logam cair ke dalam cetakannya.
  3. penentuan arah aliran logam cair untuk mendapatkan bentuk atau profil part yang sesuai dengan cetakannya. sehingga perlu dilakukan perhitungan yang mendetail tentang rasio plunger dan volume produk, untuk menentukan posisi produk terhadap posisi die sleeve.

bagaimana, sudah ada gambaran tentang proses ini? pastinya sudah ada. meski hanya sedikit🙂 tapi it’s okay…

so… silahkan ikuti posting berikutnya yah🙂

One thought on “konsep high pressure die casting

  1. yang dimaksud holding furnace itu yang terdapat pada mesin injection atau yang dibawa oleh operator forklift dari melting furnace ya? thank ulasannnya. sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s