efek sering minum air es terhadap perut

setelah baca artikel di kompas.com tentang efek minum air es terhadap membuncitnya perut, jadinya malah ingin ketawa. lha wong jarang-jarang minum air es saja, ini perut juga sudah buncit🙂 apa lagi sering minum air es yah? terus bagaimana dong?

tapi lumayan menarik ulasan dari pakar yang membahas hal ini. dan memang masuk akal, menurut saya sih.

berikut beberapa kutipan artikel yang saya ambil dari situs kompas.com hari ini.

… Tentu saja orang boleh meminum air dingin karena badan pasti bisa menyesuaikan dengan asupan tersebut, tapi organ tubuh dalam jadi bekerja agak ekstra. Minum air dingin umumnya tidak apa-apa, namun ada kelemahan-kelemahan yang sifatnya relatif. Misalnya ada kuman yang dapat hidup pada suhu rendah (pada suhu tinggi kuman itu sudah dimatikan).

Selain itu pada suhu dingin, saraf-saraf di sekitar mulut, tenggorokan, sampai perut bagian atas akan terangsang secara mendadak. Selaput lendir di sekitarnya ikut pula terangsang (mengerut) walau sangat sedikit. Enzim dan cairan lambung akan bereaksi dengan cepat terhadap suhu dingin tersebut.

Anda dapat merasakan bila hawa sedang sangat panas, badan kita pun akan terasa panas dan berkeringat. Jika minum air dengan es batu, perut akan terasa keram atau kejang. Meminum es akan mengubah irama atau tata cara kerja alat di dalam tubuh, terutama perut. Akibat tidak langsung reaksi tersebut adalah timbulnya sedikit gas dalam perut yang bisa membuat perut buncit sebagaimana yang Anda baca.

nah… setujukah dengan pendapat ini? kalau saya sih sepakat saja. lha wong yang ngomong ini ahlinya🙂

15 thoughts on “efek sering minum air es terhadap perut

  1. haha.. enyang ngebikin perut gendut tuh bukan air es, tapi makan berlemak dan kurang berolahraga. buktinya lho perut saya tetep sixpack meski sering minum air es, kuncinya tidak laen karena saya mengatur pola makan dan rutin setiap harinya saya berolahraga selama 2 jam, mulai dari sprint, back up, sit up, push up, mukul samsak, jogging, dll. hehe..artinya artikel ini ga cocok buat saya, hehe,,peace..

  2. dlu ku da mslh dtnggorokn, kalo ia kmbuh,bdn trs mriang,gk brtnaga.da anjurn utk gk knsumsi es&ikn asin.alhmdlillah smbh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s